Kompas.com - 02/09/2021, 21:06 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengingatkan peserta dan orang tua peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), agar tidak terjebak dengan rayuan para calo yang menjanjikan kelulusan seleksi.

Hal ini ia sampaikan saat meninjau langsung hari pertama pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan PPPK Non-Guru di titik lokasi BKN Pusat, Kamis (2/8/2021).

"Dalam pelaksanaan seleksi CASN2021 tidak ada itu nepotisme. Semua peserta mendapatkan perlakuan yang sama. Selain itu, jangan percaya dengan janji-janji manis calo," kata dia dalam tayangan video yang diunggah melalui Facebook resmi BKN.

Baca juga: Simak Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS di Instansi Pusat

Tjahjo mengatakan, saat seleksi CPNS dibuka, saat itu juga muncul para calo yang menawarkan kelulusan bagi peserta CPNS.

"Mengingatkan kepada para peserta dan orang tua untuk hati-hati terhadap calo. Tiap tahun pasti ada calo, hati-hati dengan calo," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebutkan pelaksanaan tes SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru tahun ini akan berlangsung di 450 titik lokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lokasi tes meliputi 35 titik lokasi di kantor BKN, 13 titik lokasi mandiri BKN dan 402 titik lokasi mandiri di instansi lain (123 instansi pemerintah pusat dan 279 instansi pemerintah daerah).

"Pelaksanaan SKD dimulai dengan tahap pertama pada 2 September 2021 di Tilok kantor BKN Pusat, Kantor Regional BKN I–XIV, dan Kantor UPT BKN. Selanjutnya tahap kedua akan dimulai pada 14 September 2021 di Tilok Instansi Mandiri," kata dia.

Adapun total pelamar yang melakukan submit pendaftaran Seleksi Calon ASN Tahun 2021 sebanyak 4.034.366. Dari total pelamar submit tersebut, 3.339.722 pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS) setelah melalui rangkaian tahapan seleksi administrasi termasuk hasil masa sanggah administrasi. Sementara itu, 694.644 pelamar dinyatakan tidak memenuhi Syarat (TMS).

Baca juga: Catat, Ini Jadwal SKD CPNS BKN 2021 Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.