Kompas.com - 09/09/2021, 18:15 WIB
Ngulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan oleh Harian Kompas secara virtual, Kamis (9/9/2021). KOMPAS.com/ ELSA CATRIANANgulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan oleh Harian Kompas secara virtual, Kamis (9/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka usaha di tengah pandemi terbilang cukup rumit. Sebab di keadaan yang belum stabil ini, daya beli masyarakat masih rendah.

Namun, kalau tidak dimulai dari sekarang kemungkinan besar dana yang sudah dikumpulkan jauh-jauh hari untuk membuka usaha, akan terpakai.

CEO MAKA Group & Founder Toko Kopi Tuku Andanu Prasetya membeberkan ada beberapa tips membuka usaha di tengah pandemi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah sebelum membuka usaha, harus memahami dan mengenal lebih dalam konsep dan arah usaha.

Baca juga: Ini Tips Sandiaga Agar Pelaku UMKM Bisa Sukses

"Korek sedalam mungkin dan kenali. Konsep seperti apa kira-kira usaha yang mau kita buka, kira-kira di keadaan saat ini usaha kita itu memiliki banyak kesempatan atau tidak? Jadi poin utamanya adalah pastikan kita kenal dengan konsep kita," ujarnya dalam Ngulik Bisnis Bareng Blibli yang disiarkan secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Lalu yang kedua adalah menentukan target pasar. Dalam hal ini, dijelaskan Andanu, target pasar yang ingin dicapai terdiri dari jenis produk usaha apa yang cocok untuk dikembangkan dan siapa yang menjadi konsumennya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misalnya kalau kita punya satu produk, kira-kira produk ini cocok enggak dengan umur sekian, terus kalau umur yang dewasa atau tua cocok enggak yah," papar Andanu.

Hal ini jugalah yang dilakukan Andanu ketika membuka usaha kopi yang mengusung brand Kopi Tuku.

Dia mengaku, ketika membuka usaha kopinya tersebut, cukup membutuhkan banyak waktu hanya untuk riset saja.

"Pernah itu saya coba, kira-kira kalau untuk anak-anak kopi yang seperti ini cocok enggak yah. Nah ketika kopi yang sama saya kasih ke orang tua, ternyata masih cukup creamy. Jadi intinya memang riset itu penting," kata Andanu.

Baca juga: Intip Tiga Tips Bisnis Tetap Untung di Tengah Pandemi dan Resesi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.