Kompas.com - 15/09/2021, 13:18 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan, iuran BPJS Kesehatan terbaru Audia Natasha PutriIlustrasi BPJS Kesehatan, iuran BPJS Kesehatan terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Kesehatan meluncurkan nomor layanan Care Center 165 pada 13 September 2021 untuk memberi kemudahan akses layanan serta mengakomodir kebutuhan peserta maupun para pemangku kepentingan.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan menggunakan nomor layanan Care Center 1500 400.

"Kami juga mohon dukungan dari seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengawal berjalannya program JKN-KIS agar seluruh peserta mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik," kata Direktur Utama BPJS kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Cara Daftar Autodebet BPJS Kesehatan di BCA, BRI, BNI dan Mandiri

Sementara itu, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun mengatakan, berubahnya nomor layanan BPJS Kesehatan Care Center tujuannya agar mempermudah masyarakat mengingat nomor tersebut jika sewaktu-waktu memerlukan informasi atau akan melakukan pengaduan terkait layanan JKN-KIS.

"Selama masa transisi sampai Desember 2021, masyarakat masih dapat menggunakan secara paralel nomor 1500 400 maupun 165 untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center," katanya.

Adapun sejumlah fitur yang dapat diakses masyarakat melalui BPJS Kesehatan Care Center antara lain permintaan informasi dan pengaduan, layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga pekerja penerima upah, penyelenggara negara dan swasta, pekerja bukan penerima upah, serta bukan pekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian akses untuk melayani pendaftaran bayi baru lahir non-PBI Jaminan Kesehatan, peralihan segmen peserta ke pekerja bukan penerima upah, dan perubahan data.

Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center.

Baca juga: Tingkatkan Jaminan Kesehatan Pelaku KUMKM, Kemenkop UKM Gandeng BPJS Kesehatan

Mulai tahun 2014, layanan Care Center dapat dijangkau oleh masyarakat selama 24 jam 7 hari.

Sepanjang tahun tersebut, jumlah panggilan yang diterima oleh Care Center mencapai 645.263 panggilan. Jumlah panggilan tersebut meningkat tajam seiring berjalannya waktu serta bertambahnya kanal informasi dan pengaduan yang disediakan BPJS Kesehatan.

Hingga tahun 2020, tercatat BPJS Kesehatan Care Center melayani 1.631.535 panggilan. Hal ini tak lepas dari pertumbuhan kepesertaan JKN-KIS yang melonjak menjadi lebih dari 200 juta jiwa.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.