Kompas.com - 17/09/2021, 22:30 WIB
Aplikasi dompet digital, DANA KOMPAS.com/ConneyStephanieAplikasi dompet digital, DANA

JAKARTA, KOMPAS.com - Dompet digital DANA mencatat sudah lebih dari 1.100 desa yang terdigitalisasi melalui fitur DANA Bisnis hingga September 2021. Padahal pada tahun lalu baru 400 desa yang telah didigitalisasi DANA.

"Ada data yang menarik, kalau tahun 2020 itu 300-400 desa yang sudah didigitalisasi, tapi data September 2021 jadi dobel, ada 1.100 desa di Indonesia yang sudah didigitalisasi dengan DANA," ujar Head of QR Operations DANA Luqman Ibnu dalam diskusi virtual dengan media, Jumat (17/9/2021).

Ia pun berharap, dengan pertumbuhan digitalisasi yang pesat itu dapat membantu masayarakat di desa, terutama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam melakukan transaksi secara digital. Sehingga dapat membantu pengembangan bisnis pelaku UMKM.

Baca juga: Dompet Digital DANA Ditunjuk jadi Saluran untuk Pembayaran Penerimaan Negara

"Harapannya ini membantu teman-teman di daerah yang sekiranya kesusahan registasi bank atau menerima transaksi, namun hanya dengan satu platform bisa menyelesaikan permasalahan transaksi,” ungkapnya.

Luqman mengatakan, UMKM memang menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19, meski demikian menurutnya UMKM menjadi sektor yang lebih berdaya tahan dibandingkan usaha besar.

Lantaran kebanyakan usaha besar terpaksa tutup karena rata-rata berlokasi di mal atau pusat perbelanjaan, yang selama beberapa bulan penerapan PPKM dilakukan penutupan guna menekan mobilitas masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daya tahan UMKM setidaknya juga tercermin dari rata-rata transaksi mitra menggunakan DANA Bisnis selama Januari-Juni 2021 yang tercatat naik lebih dari 35 persen dibandingkan periode Juli-Desember 2020.

"Dari situ kami bisa berasumsi dengan adanya pandemi ini, UMKM adalah sektor yang cukup kuat, cukup mampu bertahan dibandingkan kategori lainnya," imbuh Luqman.

Jumlah Pengguna Dana

Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah pengguna DANA Bisnis sudah lebih dari 300.000 mitra. Angka itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang masih berkisar 200.000 mitra.

Jumlah mitra aktif pada Agustus 2021 pun tercatat naik 133 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.