BI Catat Pengajuan KPR dan Kredit Kendaraan Bermotor Mulai Melonjak

Kompas.com - 18/09/2021, 08:19 WIB
Menabung untuk beli rumah juga perlu perencanaan yang matang agar investasi yang dilakukan dapat mencapai target yang diinginkan. UNSPLASH/TIERRA MALLORCAMenabung untuk beli rumah juga perlu perencanaan yang matang agar investasi yang dilakukan dapat mencapai target yang diinginkan.


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya lonjakan pembiayaan melalui utang atau kredit oleh rumah tangga, termasuk untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Catatan BI tersebut didasari dari hasil survei permintaan pembiayaan rumah tangga pada Agustus 2021. Survei mencatat sebanyak 8,7 persen dari total responden menyatakan melakukan penambahan utang.

Angka tersebut lebih tinggi dari pada bulan sebelumnya yang tercatat 7,6 persen responden melakukan penambahan utang.

Baca juga: BI: Ini Sektor-sektor Bisnis yang Dorong Penyaluran Kredit Naik pada Agustus 2021

Adapun responden rumah tangga yang menyatakan tidak melakukan penambahan pembiayaan sebesar 91,3 persen dari total responden.

Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif Bank Indonesia Erwin Haryono menegaskan bahwa penambahan permintaan pembiayaan oleh rumah tangga pada Agustus 2021 memang terpantau meningkat.

“Bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna dan Kredit Kendaraan Bermotor,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Sabtu (18/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut jenis pembiayaan yang diajukan, Kredit Multi Guna (KMG) masih merupakan jenis produk yang paling banyak diajukan oleh rumah tangga pada Agustus 2021 dengan pangsa sebesar 35,5 persen dari total pengajuan pembiayaan baru.

Baca juga: Pengertian Rumah Subsidi, Syarat, dan Dokumen Pengajuan KPR Bersubsidi

Capaian itu diikuti oleh KKB dan KPR masing-masing sebesar 21,4 persen dan 14 persen dari total pengajuan kredit pada Agustus 2021.

Meski begitu, pengajuan KMG pada Agustus 2021 tercatat melemah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 45,7 persen dari total responden.

Sementara itu, pengajuan baru untuk KPR meningkat dari 8,3 persen menjadi 14 persen dari total responden.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.