Setop Foya-foya, Persiapkan Dana Pensiun Sejak Muda dengan Cara Ini

Kompas.com - 18/09/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi menabung dana pensiun. ShutterstockIlustrasi menabung dana pensiun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Usia senja, tetapi masih harus kerja keras bagai kuda? Hal itu tidak akan terjadi jika kamu mempersiapkan dana pensiun sedari dini.

Mumpung masih muda, uang jangan dipakai foya-foya biar tidak sengsara di hari tua. Enaknya bisa menikmati masa pensiun sambil leha-leha, momong cucu, atau plesiran keliling dunia.

Meski sudah tidak menerima gaji bulanan lagi dari perusahaan, biaya hidup terus berjalan. Kebutuhan sehari-hari harus terpenuhi tanpa perlu meminta kepada anak dan menantu.

Oleh sebab itu, sangat penting menyiapkan dana pensiun sejak awal dalam perencanaan keuanganmu. Targetnya mengumpulkan dana pensiun dalam jumlah besar agar dapat menggantikan penghasilan dan membiayai kebutuhan di masa tua.

Baca juga: Cerita Holib dan Kelompok Usahanya, Budidaya Ulat Sutra di Tengah Derasnya Impor Benang

Tak perlu bingung, ini cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun selagi muda, seperti dikutip dari Cermati.com:

• Rutin menabung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menabung adalah salah satu cara paling sederhana guna menyiapkan dana pensiun. Saat ini, banyak produk tabungan pensiun dari bank. Atau bisa menggunakan tabungan berjangka.

Kalau kamu menabung di tabungan biasa, suku bunganya sangat rendah. Rata-rata sekitar 0,25 persen sampai dua persen per tahun.

Meski kecil, setidaknya kamu belajar menyisihkan uang untuk persiapan hari tua. Daripada tidak sama sekali, lebih baik dimulai dari menabung di bank.

Setiap bulan alokasikan gaji sekitar 10 persen untuk tabungan dana pensiun. Ingat pepatah mengatakan, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.