Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung PON di Papua, Garuda Indonesia dan Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan

Kompas.com - 20/09/2021, 20:47 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama anak usahanya Citilink, akan meningkatkan kapasitas penerbangan dengan menambah frekuensi layanan penerbangan domestik dari dan menuju Papua.

Hal ini seiring dengan adanya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang berlangsung pada Oktober 2021.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, peningkatan kapasitas tersebut akan dilakukan selama periode 25 September-16 Oktober 2021.

Baca juga: Tiga Cara Check In Online Garuda Indonesia

 

Penambahan frekuensi layanan penerbangan dari dan menuju Papua khususnya dilakukan pada destinasi Jayapura, Timika, dan Marauke.

Menurutnya, penambahan frekuensi penerbangan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang menetapkan Garuda Indonesia sebagai 'Official Airline' dalam event olahraga nasional melalui penyediaan layanan penerbangan bagi para atlet yang akan berkompetisi.

“Selain itu penambahan kapasitas penerbangan ini juga merupakan upaya kami untuk memenuhi peningkatan permintaan atas layanan penerbangan langsung maupun transit bagi kontingen, atlet serta offical yang akan ikut serta pada perhelatan PON XX Papua 2021 tersebut," ujar Irfan dalam keterangan tertulis, Senin (20/9/2021).

Melalui penambahan frekeuensi penerbangan itu, sepanjang 25 September-16 Oktober 2021, Garuda Indonesia akan melayani sedikitnya 142 penerbangan dari dan menuju Papua, yang nantinya akan dihubungkan dari dua hub penerbangan yakni Jakarta dan Denpasar.

Selain menambah frekuensi untuk tujuan Papua, Garuda Indonesia juga menambah penerbangan di sejumlah rute domestik guna meningkatkan aksesibilitas layanan penerbangan dari berbagai wilayah di Indonesia menuju Papua.

Sementara itu, pada Citilink sepanjang periode 7 September-25 Oktober 2021 turut menambah frekuensi penerbangan dari dan menuju Jayapura dengan total sedikitnya 156 penerbangan yang dilayani dari sejumlah hub penerbangan seperti Jakarta, Makassar, dan Surabaya.

Irfan mengatakan, sebagai upaya Garuda Indonesia dan Citilink menjaga kebugaran fisik para atlit yang akan bertanding, perusahaan juga akan melakukan penyesuaian waktu transit pada penerbangan dari dan menuju Papua.

Baca juga: Garuda Indonesia Kalah di Pengadilan Arbitrase London, Ini Kata Kementerian BUMN

Selain itu, Garuda Indonesia juga memberikan diskon hingga 15 persen dan tambahan bagasi pada perhelatan PON XX Papua 2021 bagi seluruh atlet, kontingen dan official yang akan terbang menuju Papua.

Kemudian, menyediakan dedicated counter check-in untuk mempermudah aksesibilitas proses pre-flight bagi seluruh atlet, kontingen, dan official tersebut.

“Kami berkomitmen menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kami, termasuk para atlet yang akan bertanding, di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini. Serta berkomitmen untuk mengedepankan penerapan protokol kesehatan secara optimal dan konsisten pada seluruh lini operasional, baik pada saat pre, in, maupun post-flight,” tutup Irfan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com