KILAS

Bantu Jaga Produktivitas Petani di Jatim, Kementan Bangun Bengkel Keliling Alsintan

Kompas.com - 21/09/2021, 08:27 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sedang mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan). DOK. Humas Kementerian PertanianMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sedang mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan).

KOMPAS.comKementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur (Jatim) terus melakukan inovasi untuk membantu petani menjaga produksi dan produktivitas pertanian.

Salah satu caranya dilakukan dengan membangun dan meluncurkan bengkel keliling alat mesin pertanian (alsintan).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan, pertanian era 4.0 memerlukan penerapan pertanian modern melalui penggunaan alsintan sebagai sarana untuk menggenjot produktivitas.

“Untuk itu, agar bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, pertanian harus terus bergerak dan tidak boleh terganggu oleh hal-hal lain,” ujar SYL seperti dikutip dari keterangan pers resminya, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kementan Salurkan Alsintan untuk 2 Poktan di Sumbar

Menurut dia, adanya bengkel keliling merupakan sarana krusial untuk memelihara dan merawat alsintan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menerangkan, adanya bengkel keliling bertujuan untuk memperbaiki alsintan yang penggunaannya telah membantu para petani dalam proses budi daya pertanian.

“Adanya fasilitas bengkel keliling bisa secara sigap membantu petani memperbaiki alsintan ketika terjadi kerusakan. Dengan demikian, produktivitas dan kinerja petani tidak akan terganggu,” terangnya.

Selain itu, tambah dia, bengkel keliling alsintan juga berguna untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi sekaligus membantu meningkatkan pendapatan petani.

Baca juga: Kementan Targetkan Bangun 1.000 Jalan Usaha Tani Agar Alsintan Dapat Beroperasi

Menurut dia, program tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan nasional, yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menggenjot ekspor.

“Sejauh ini Kementan telah menyalurkan alsintan ke berbagai daerah sentra produksi pangan untuk mendukung budi daya pertanian mereka,” tutur dia.

Lebih lanjut, ia berharap, banyaknya bengkel alsintan yang ada saat ini dapat memberikan layanan pemeliharaan, perbaikan, serta penyediaan suku cadang secara prima.

“Perlu diingat juga penerapan mekanisasi pertanian tetap memerlukan perbengkelan yang melibatkan usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (UPJA),” pesannya.

Baca juga: Wujudkan Pertanian Maju, Kementan Lakukan Modernisasi Alsintan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.