Penggunaan PeduliLindungi di Bandara AP II Capai 1 Juta Kali

Kompas.com - 22/09/2021, 10:43 WIB
Pengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi di Pintu Gerbang Utama Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai lokasi uji coba tahap awal penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata di masa PPKM. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww. ANTARAFOTO/Aprillio AkbarPengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi di Pintu Gerbang Utama Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai lokasi uji coba tahap awal penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata di masa PPKM. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat penggunaan aplikasi PeduliLindungi di bandara yang dikelola perseroan mencapai 1 juta kali selama periode 1 Agustus-19 September 2021. Aplikasi ini digunakan sebagai salah satu syarat penerbangan di masa pandemi Covid-19.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penggunaan aplikasi tersebut sejalan dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi Dengan Aplikasi PeduliLindungi.

“Sejak 1 Agustus 2021, bandara AP II telah meminta calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Diperluas, Simak Cara Daftar dan Penggunaannya

Ia menyebutkan, jumlah terbesar penggunaan aplikasi PeduliLindungi di bandara kelolaan AP II yakni terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 600.000 kali pada periode tersebut.

Menurut Awaluddin, untuk penerapan PeduliLindungi di bandara, AP II berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yakni maskapai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan Satgas Udara Penanganan Covid-19.

PeduliLindungi memuat dokumen kesehatan pengguna, seperti kartu vaksinasi, hasil tes Covid-19, dan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik atau e-Health Alert Card (e-HAC) yang menjadi persyaratan terbang di tengah pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bandara AP II, calon penumpang pesawat memproses keberangkatan dengan menunjukkan QR Code PeduliLindungi kepada personel KKP Kemenkes dan di konter check-in untuk memastikan persyaratan dokumen kesehatan terpenuhi. Proses ini menghilangkan potensi pemalsuan dokumen kesehatan.

"Selain untuk memproses keberangkatan penerbangan, aplikasi PeduliLindungi juga digunakan untuk memproses kedatangan di bandara AP II, di mana penumpang pesawat harus menunjukkan QR Code eHAC yang ada di aplikasi PeduliLindungi," jelas Awaluddin.

Selain penumpang perjalanan domestik, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga berlaku untuk penumpang dari penerbangan internasional. Hal ini Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 74/2021, penumpang dari luar negeri harus mengisi formulir eHAC Internasional yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi.

Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu yang menjadi pintu masuk penerbangan internasional, memastikan eHAC Internasional yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi akan diverifikasi oleh personel KKP Kemenkes.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.