BCA Mau Stock Split, Apa Untungnya Buat Investor?

Kompas.com - 26/09/2021, 10:19 WIB
Ilustrasi saham, pergerakan saham. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi saham, pergerakan saham.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berencana memecah harga saham atau stock split. Aksi korporasi stock split tersebut memiliki rasio 1 : 5 artinya 1 saham yang ada saat ini dipecah menjadi 5 saham baru.

Lalu apa keuntungannya bagi para investor saham BBCA?

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan, saat stock split terealisasi, volume saham BBCA akan bertambah yang diikuti dengan turunnya harga saham tersebut.

Baca juga: Pemegang Saham Setujui Rencana Stock Split BCA

Kendati demikian turunnya harga saham BBCA akan mendorong semakin banyak investor pemula atau pun investor modal kecil untuk masuk memiliki saham BBCA.

"Maka peningkatan minat beli tersebut bisa mendorong kenaikan harga saham BBCA," ujar Ariston kepada Kompas.com, dikutip Minggu (26/9/2021).

Langkah stock split ini, bagi para investor yang lebih dulu punya portofolio saham BBCA sebelum stock split, memang secara total tak ada perubahan dari jumlah maupun nilai saham yang dimiliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, perubahan akan terasa setelah stock split, saat investor baru datang berburu saham BBCA, sehingga berdampak pada naiknya harga saham BBCA.

Maka saat itu investor eksisting bisa mengambil keuntungan dari nilai saham yang meningkat.

Baca juga: Blu BCA: Cara Daftar dan Fitur-fiturnya

"Kalau secara total nilai investasi, tidak ada perubahan. Tapi itu tadi, investor existing bisa menikmati keuntungan dari kenaikan harga saham tersebut karena sahamnya menjadi lebih diminati investor," jelas Ariston.

Sebelumnya, rencana stock split ini sudah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BCA pada Kamis (23/9/2021) lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.