Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Orientasi Utama Masyarakat Indonesia dalam Kaitan dengan Ekonomi

Kompas.com - 15/10/2021, 16:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Indonesia diketahui memiliki tiga orientasi utama dalam kaitannya dengan ekonomi, yakni menjalankan bisnis yang berkelanjutan, memiliki dana yang cukup untuk hidup nyaman setelah pensiun, serta dapat memenuhi kebutuhan harian.

Hal itu merupakan hasil studi yang dilakukan oleh YouGov mengenai mindset orang Indonesia. Sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bercita-cita memiliki usaha sendiri yang berkelanjutan dan hidup nyaman dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menanggapi hal itu, EVP Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu menyatakan masyarakat Indonesia sebenarnya sudah memiliki growth mindset dan keyakinan untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangannya.

Baca juga: Per September, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 114,58 Triliun ke Segmen UMKM

 

"Tetapi ketika dihadapkan pada tantangan-tantangan keuangan, mereka perlu dorongan seperti kemudahan akses dan fasilitas keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, agar bisa mengambil tindakan untuk mewujudkan tujuan keuangan tersebut,” ujarnya dala keterangan resmi, Jumat (15/10/2021).

Abraham menambahkan, seiring dengan itu, saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian akibat pandemi Covid-19. Hal itu menyulitkan masyarakat dukungan modal kerja.

Untuk itu, sejumlah alternatif yang bisa dijajaki adalah memanfaatkan KTA online.

Abraham menuturkan hingga saat ini pihaknya telah memberikan fasilitas pinjaman melalui KTA untuk membiayai bisnis yang dijalankan masyarakat.

Per Semester I 2021, KTA online yang disalurkan Amar Bank mencapai Rp 5,8 triliun yang mendistribusikan ke lebih dari 115.000 bisnis mikro (UMKM).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com