Kompas.com - 17/10/2021, 19:16 WIB
faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah dan berikut yang tidak termasuk faktor pendukung keberhasilan usaha yaitu Inibudi.orgfaktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah dan berikut yang tidak termasuk faktor pendukung keberhasilan usaha yaitu

KOMPAS.com - Keberhasilan bisnis atau usaha dipengaruhi banyak aspek dalam kewirausahaan. Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah relatif cukup banyak. 

Dikutip dari Investopedia, wirausaha yakni individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Banyak pengusaha yang gagal bahkan bangkrut karena tidak memiliki karakter kewirausahaan. Karena banyak yang berpikir, dengan modal besar, usaha akan berjalan dengan sendirinya. 

Belum lagi faktor risiko yang tak terduga seperti musibah hingga bencana alam. 

Baca juga: Salah Satu Tujuan Kewirausahaan

Faktor pendukung keberhasilan usaha

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut:

1. Sikap

Sikap sangat berpengaruh dalam pencapaian keberlangsungan usaha seseorang. Beberapa sikap yang mencerminkan keberhasilan usaha adalah bekeja keras, ketekunan, percaya diri, rajin, etos kerja, kedisiplinan mengasah kemampuan, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Keahlian

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah salah satunya skill atau keahlian. Keahlian sendiri bisa dipelajari, sehingga bisa dimiliki siapa saja. 

3. Berani ambil risiko 

Faktor keberhasilan wirausaha berikutnya adalah berani mengambil risiko. Selain tindakan, keberanian dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk juga menjadi kunci untuk sukses menjadi pengusaha.

4. Keterampilan wirausaha

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah salah satunya. Tanpa keterampilan, mungkin usahamu bakal flat, dan bisa berpotensi bangkrut dalam waktu yang singkat. 

5. Kreatif

Orang yang kratif selalu menelurkan ide-ide baru. Sikap ini sangat dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan usaha. 

Sementara itu, berikut yang tidak termasuk faktor pendukung keberhasilan usaha yaitu:

  • Tidak jujur dalam mengelola usaha
  • Tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnisnya alias cuma modal nekat
  • Tidak memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik
  • Tidak sepenuhnya bersemangat dalam mengembangkan usaha
  • Kurangnya keahlian manajemen sumber daya manusia yang baik.

Baca juga: Pengertian Kewirausahaan Beserta Ciri-cirinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.