Kompas.com - 17/10/2021, 20:49 WIB
Ilustrasi berinvestasi di instrumen reksa dana Dok. ShutterstockIlustrasi berinvestasi di instrumen reksa dana
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Index fund atau reksa dana indeks adalah salah satu jenis reksa dana yang diperdagangkan di Indonesia.

Berdasarkan data produk reksa dana publik yang diterbitkan di Indonesia, saat ini jumlah reksa dana indeks yang diperdagangkan di dalam negeri sebanyak 48 jenis.

Indeks fund atau reksa dana indeks ini tentu berbeda dengan jenis reksa dana yang sudah terlebih dahulu populer di Indonesia, seperti reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, atau reksa dana pasar uang.

Pengertian Reksa Dana Indeks

Sebenarnya apa itu reksa dana indeks?

Dikutip dari laman resmi OJK, reksa dana indeks adalah reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham.

Baca juga: Mengenal Beda ETF dan Reksa Dana Biasa yang Perlu Kamu Tahu

Reksa dana indeks ini bisa dikatakan sejenis dengan reksa dana terbuka, karena bisa dibeli dan dijual sewaktu-watu setiap hari di bursa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan indeks acuan, maka komposisi reksa dana indeks umumnya mirip atau bahkan sama persis dengan indeks acuannya.

Karena itu, tak seperti reksa dana biasa yang pengelolaannya dilakukan secara aktif oleh manajer investasi, pendekatan yang digunakan untuk mengelola reksa dana indeks adalah pasif atau disebut dengan passive management strategy.

Dilansir dari Investopedia, reksa dana indeks menawarkan pasar yang lebih luas serta ongkos operasional yang lebih rendah. Hal itu dikarenakan manajer investasi tak memerlukan analisa yang terlalu banyak untuk melakukan analisis perusahaan dalam mengelola reksa dana indeks.

Selain itu, manajer investasi pun tak melakukan trading jual beli saham atau obligasi, atau elemen lain dalam sebuah reksa dana secara aktif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.