Bergaji Pas-pasan? Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Cukup

Kompas.com - 19/10/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh pada cara mengelolanya, dan turut berdampak terhadap kondisi keuangan keluarga.

Apalagi jika kamu termasuk karyawan dengan gaji bulanan yang pas-pasan, kamu perlu cara yang jitu untuk mengatur keuangan keluargamu.

Dikutip dari Siapnikah.org, website yang dikelola oleh BKKBN, Selasa (19/10/2021), ada 9 tips yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan rumah tangga agar cukup meski kamu bergaji pas-pasan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan agar Tak Terjerat Pinjol Ilegal

1. Evaluasi cicilan dan biaya rumah

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan.

Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25 persen dari total gaji yang diperoleh setiap bulannya. Carilah KPR yang menawarkan cicilan paling kecil. Jika belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya carilah sebuah kontrakan yang murah.

2. Rencanakan belanja bulanan dengan baik

Kamu perlu membuat rencana belanja bulanan yang matang. Ini cara terbaik untuk menggunakan pendapat yang kecil. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan.

3. Belilah barang bekas yang masih layak

Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja. Misalnya saja membeli mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.

4. Berhematlah untuk beberapa aktivitas

Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor.

5. Kurangi naik kendaraan bermotor

Cara berhemat lainnya, kamu bisa berjalan kaki, naik sepeda, atau naik kendaraan umum dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja. Kamu bisa menghemat uang BBM dan juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.

Baca juga: Kenapa Harus Mengatur Keuangan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.