Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergaji Pas-pasan? Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Cukup

Kompas.com - 19/10/2021, 15:18 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh pada cara mengelolanya, dan turut berdampak terhadap kondisi keuangan keluarga.

Apalagi jika kamu termasuk karyawan dengan gaji bulanan yang pas-pasan, kamu perlu cara yang jitu untuk mengatur keuangan keluargamu.

Dikutip dari Siapnikah.org, website yang dikelola oleh BKKBN, Selasa (19/10/2021), ada 9 tips yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan rumah tangga agar cukup meski kamu bergaji pas-pasan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan agar Tak Terjerat Pinjol Ilegal

1. Evaluasi cicilan dan biaya rumah

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan.

Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25 persen dari total gaji yang diperoleh setiap bulannya. Carilah KPR yang menawarkan cicilan paling kecil. Jika belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya carilah sebuah kontrakan yang murah.

2. Rencanakan belanja bulanan dengan baik

Kamu perlu membuat rencana belanja bulanan yang matang. Ini cara terbaik untuk menggunakan pendapat yang kecil. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut.

Karena pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan.

3. Belilah barang bekas yang masih layak

Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja. Misalnya saja membeli mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.

4. Berhematlah untuk beberapa aktivitas

Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor.

5. Kurangi naik kendaraan bermotor

Cara berhemat lainnya, kamu bisa berjalan kaki, naik sepeda, atau naik kendaraan umum dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja. Kamu bisa menghemat uang BBM dan juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.

Baca juga: Kenapa Harus Mengatur Keuangan?

6. Cari penghasilan tambahan

Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan secara online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Semakin banyak penghasilan tambahan, akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

7. Kurangi Kebiasaan makan di luar

Makan sesekali di restoran dan pesan makan online tidak masalah, namun jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat. Harga makanan di restoran setidaknya 4 kali lipat dari makanan buatan sendiri. 

8. Pilih paket data internet dengan hemat

Data internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Otomatis kamu pastinya perlu paket data internet atau koneksi WiFi di rumah. Biar hemat, usahakan untuk memilih paket data internet atau Wi-Fi yang sesuai kebutuhan dengan harga yang sesuai bujet.

9. Belanja pakai diskon

Belanja makin hemat dengan memanfaatkan diskon, gratis ongkir hingga cash back saat belanja makanan ataupun barang kebutuhan lainnya. Kamu bisa menghemat banyak uang, apalagi jika kamu pintar mencari diskon/promo saat belanja online atau offline.

Ada banyak cara untuk menghemat uang jika kamu mau melakukannya. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan adalah kunci untuk mengatur gaji yang pas-pasan. Gunakan beberapa cara di atas untuk meraih kondisi finansial yang sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com