Ini Temuan Ombudsman RI Terkait Cadangan Beras Pemerintah

Kompas.com - 19/10/2021, 14:48 WIB
Ilustrasi beras KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi beras

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman Republik Indonesia telah menyelesaikan investigasi atas prakarsa sendiri mengenai perbaikan dalam tata kelola cadangan beras pemerintah (CBP).

Setidaknya ada 12 temuan pada proses perencanaan, penetapan, pengadaan, perawatan penyimpanan, penyaluran, pelepasan dan pembiayaan CBP.

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menyebutkan, salah satu temuan mengenai harga eceran tertinggi (HET) beras. Berdasarkan rujukan investigasi yang dilakukan Ombudsman, masalah fundamental yang ada pada HET beras adalah masalah keadilan.

Baca juga: 12 Temuan Ombudsman Terkait Tata Kelola Cadangan Beras Pemerintah

Yeka mengatakan, bagi negara yang memiliki banyak warga miskin, HET beras tidak menjadi suatu permasalahan.

Namun, berdasarkan data BPS, warga miskin di Indonesia jumlahnya sekitar 10,4 persen dan sisanya itu warga tidak miskin. Maka, Ombudsman menilai perlu adanya evaluasi akan kebijakan HET beras.

"Kami melihat kebijakan ini perlu rasanya untuk dievaluasi. Evaluasi paling tidak mencakup tiga aspek," kata Yeka dalam Konferensi daring yang disiarkan akun YouTube Ombudsman RI, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, terkait dengan besaran HET beras yang dari 2017 hingga 2021 tidak ada penyesuaian, padahal inflasi naik terus dan juga faktor-faktor produksi juga meningkat.

Kedua, terkait dengan sanksi. Ombudsman menilai sanksi HET saat ini belum bisa diterapkan.

"Mungkin itu perlu ada kajian, apakah sanksi HET beras ini memang harus layak diperlakukan," ujarnya.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, HET beras biasanya mengikuti harga internasional. HET beras Indonesia sebenarnya jauh dibandingkan harga internasional yang jauh lebih rendah. Maka jika HET dinaikkan terus, Lutfi menyebut, rakyat yang akan dikorbankan.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.