Berapa Biaya Admin Shopee yang Ditanggung Penjual?

Kompas.com - 29/10/2021, 11:16 WIB
Simak berapa biaya admin Shopee untuk penjual di Indonesia. Dok. Shopee IndonesiaSimak berapa biaya admin Shopee untuk penjual di Indonesia.

KOMPAS.com - Berapa biaya admin Shopee untuk penjual alias seller? Pertanyaan tersebut kerap muncul bagi mereka yang berencana berjualan produk secara online di marketplace yang awalnya bermula dari Singapura tersebut. 

Meski relatif baru masuk ke Indonesia, pertumbuhan transaksi Shopee Indonesia bisa dibilang sangat agresif. Bahkan, Shopee Indonesia kerap nangkring di urutan pertama, meski posisi teratas itu harus saling bergantian dengan kompetitor terdekatnya yakni Tokopedia. 

Adalah Sea Limited, investor asal Amerika Serikat, yang jadi penyumbang dana terbesar bagi Shopee Indonesia untuk jor-joran melakukan promosi, seperti periode gratis ongkir yang hampir tak pernah usai hingga saat ini. 

Tak hanya pengguna baru yang terus bertambah, Shopee Indonesia juga terus mencatatkan pertumbuhan jumlah penjual atau seller. 

Baca juga: Mengenal Shopee PayLater: Bunga, Skema Cicilan, dan Dendanya

Nah bagi yang tertarik berjualan di Shopee Indonesia, tentunya akan dikenakan biaya admin yang lazimnya dipotong dari setiap transaksi yang berhasil. 

Berapa biaya admin Shopee?

Secara umum, Shopee Indonesia membagi kategori penjual di platformnya yakni penjual non-star, penjual star (star seller), star plus, dan mall. 

Penggolangan ini nantinya akan berpengaruh pada biaya admin transaksi yang dikenakan pada seller (biaya admin Shopee). Untuk mereka yang baru berjualan di Shopee, otomatis akan masuk dalam kategori penjual non-star. 

Penentu biaya admin Shopee lainnya adalah besaran transaksi. Semakin besar nilai transaksi penjual dan pembeli, maka semakin tinggi pula potongan biaya yang akan dikenakan Shopee pada para penjualnya.

Baca juga: Kartu Elit Hanya untuk Kalangan Tertentu, Apa Itu Black Card?

Yang perlu diketahui, penjual juga akan dikenakan biaya lain di luar biaya administrasi apabila mengikuti sejumlah program promo yang diselenggarakan Shopee.

Namun biaya di luar fee admin ini bersifat opsional atau hanya dikenakan apabila penjual menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku dalam setiap programnya.

Rincian biaya admin Shopee untuk penjual star dan non-star.DOK. Humas PT Shopee International Indonesia Rincian biaya admin Shopee untuk penjual star dan non-star.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.