Cerita Luhut Dampingi Jokowi Temui Pengusaha dan Pemimpin Dunia

Kompas.com - 03/11/2021, 07:26 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Presiden Jokowi menemui pemimpin dunia. Biro Media IstanaMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Presiden Jokowi menemui pemimpin dunia.


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan mengenai lawatannya ke luar negeri mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut mengungkap kesan yang ia rasakan, termasuk ketika mendampingi Jokowi berjumpa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela pelaksanaan KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021).

Luhut mengaku bangga bisa mendampingi Presiden Jokowi untuk mendengarkan dan mengamati situasi dan kondisi serta dinamika di kawasan yang disampaikan oleh Presiden Joe Biden.

Baca juga: Luhut Bantah Tuduhan Terlibat Bisnis Tes PCR

“Satu hal yang saya ingat dalam pertemuan tersebut bahwa menurut beliau, peran Indonesia sungguh besar dan nyata di kawasan, bahkan di tataran global dalam memajukan nilai-nilai demokrasi,” ujar Luhut dalam sebuah unggahan di akun Instagram-nya, dikutip pada Rabu (3/11/2021).

Selain itu, lanjut Luhut, Indonesia dianggap sudah membuat sebuah terobosan yang jauh dan terdepan untuk ikut berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim global.

“Semua penghormatan dan apresiasi yang diberikan oleh para kepala negara tidak terkecuali Presiden Biden sendiri, tak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan kerja sama semua pihak,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Luhut menambahkan, dalam pidato Presiden Jokowi belum lama ini, disampaikan bahwa krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api, sebisa mungkin perlu dihindari.

Namun, jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa dipelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi dan memotivasi.

Baca juga: Melihat Lagi Janji Jokowi soal Kereta Cepat 6 Tahun Lalu

“Saya merenungi pidato ini hingga membawa saya kepada satu komitmen bahwa negara ini terlalu kecil jika diminta untuk berpihak pada satu kelompok saja,” tegas Luhut.

Lebih lanjut, Luhut juga melanjutkan ceritanya dalam lawatan tersebut. Tak hanya mendapat kesempatan mendampingi Jokowi berjumpa Joe Biden, Luhut sendiri juga memanfaatkan momentum untuk bertemu sejumlah pengusaha.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.