Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Neobank dan Keberlanjutannya Setelah Pandemi

Kompas.com - 06/12/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi neobank -Ilustrasi neobank

Oleh: Alifia Putri Yudanti & Ikko Anata

SEIRING berkembangnya teknologi, sektor keuangan, khususnya perbankan turut berinovasi dengan menciptakan neobank. Perkembangannya pun semakin pesat karena pandemi.

Pada Desember 2020, penelitian Exton Consulting, sebuah perusahaan konsultan strategi dan manajemen untuk sektor jasa keuangan yang berbasis di Paris, Perancis menemukan ada 256 neobank di seluruh dunia.

Jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat karena masyarakat dunia sudah menemukan kemudahan saat menggunakannya. Selain itu, bank-bank konvensional juga sudah mulai merambah ke neobank.

Baca juga: Simak Daftar Bunga Simpanan Bank Digital, dari Jenius hingga Neobank

Forbes melaporkan, neobank sering disebut dengan challenger bank karena hanya menggunakan teknologi digital sebagai basis pelaksanaannya. Perusahaan-perusahaan neobank tidak memiliki kantor fisik khusus untuk nasabah.

Kantor mereka biasanya hanya untuk operasional karyawan-karyawannya. Karena itu, semua kegiatan keuangan; baik itu pembukaan rekening, pengajuan komplain, dan sebagainya dilakukan secara daring.

Sistem neobank yang serba digital menargetkan kaum Gen Z dan Milenial sebagai penggunanya. Kedua generasi tersebut dapat dikatakan sudah sangat andal dalam menggunakan teknologi (tech-savvy). Selain itu, Gen Z juga belum merasa perlu memiliki banyak rekening yang terlalu teknis, seperti rekening giro, rekening pasar uang, atau saham akun perdagangan. 

Prospek neobank di Indonesia

Masyarakat Indonesia sendiri sangat terbuka terhadap perkembangan dunia digital, khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Penelitian Surjandy dan kawan-kawan (2020) memaparkan bahwa penggunaan bank digital di dunia dengan media internet meningkat sebesar 270 persen.

Peningkatan tersebut mengindikasikan kebutuhan masyarakat akan sektor keuangan yang lebih praktis semakin tinggi.

Sementara itu, laporan McKinsey juga menyebutkan penggunaan bulanan perbankan digital di Indonesia telah tumbuh dua kali lebih cepat daripada negara berkembang di Asia lainnya.

Banyak neobank yang mulai bermunculan di Indonesia, seperti Jenius dan Neo+. Karena itu, prospek neobank sangat menjanjikan di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.