Jadi Dirut PLN, Darmawan Prasodjo Diberi Sederat Tugas dari Erick Thohir

Kompas.com - 06/12/2021, 18:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Darmawan Prasodjo telah resmi menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) setelah diangkat Menteri BUMN Erick Thohir pada hari ini, Senin (6/12/2021). Dia menggantikan posisi Zulkifli Zaini.

Darmawan mengungkapkan, ada sejumlah tugas yang diberikan Erick kepada dirinya dalam memimpin PLN ke depan. Diantaranya, kondisi kelebihan pasokan atau oversupply daya listrik PLN yang harus segera diselesaikan.

"Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) memberi beberapa tugas khusus kepada PLN, pertama adalah PLN mengalami kondisi oversupply. Nah untuk itu, kondisi ini harus segera diselesaikan dengan baik," ujar Darmawan Prasodjo dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Ia menjelaskan, untuk mengatasi kondisi oversupply yang akan dilakukan PLN adalah berupaya meningkatkan permintaan (demand). Peningkatan permintaan akan dilakukan secara holistik, seperti dengan mendorong penggunaan kompor listrik maupun kendaraan listrik.

Selain itu, dengan menyasar peningkatan konsumi listrik di sektor-sektor pertanian, yakni mendorong perubahan budaya dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi menggunakan daya dari listrik.

"Kami juga melakukan banyak sekali sektor industri yang tadinya menggunakan pembangkit sendiri, sekarang bergeser menggunakan listrik dari PLN," jelasnya.

Tugas lain yang harus dikerjakan Darmawan adalah transisi ke energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung target pemerintah mencapat net zero energy (NZE) pada 2060. Ia bilang, PLN diminta untuk menyiapkan program yang mendorong transisi energi bisa berjalan baik.

Baca juga: Jadi Dirut PLN, Darmawan Prasodjo Tambah Daftar Politisi yang Jadi Pejabat BUMN

"Ketiga, adalah (tugas) bagaimana PLN perlu melakukan restrukturisasi korporasi agar mampu lebih lincah, lebih gesit dalam menghadapi tantangan, bukan hanya masalah sekarang tapi juga di masa depan," ungkap Darmawan.

Menurut Darmawan, Erick Thohir juga berpesan agar berbagai upaya transformasi yang telah dilakukan PLN bisa diteruskan dan ditingkatkan. Terutama dari segi kinerja keuangan.

"Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) memberi tugas agar PLN lebih kokoh dalam menjalankan tugas pemerintah, yaitu menerangi negeri, serta bisa bertransformasi dari menjadi perusahaan yang berorientasi pada masa depan," pungkas Darmawan Prasodjo.

Baca juga: Darmawan Prasodjo, Eks Timses Jokowi, Kader PDIP, Kini Jadi Dirut PLN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.