DAC Luncurkan Blockchain 5.0 Relictum.io, Ini Manfaatnya Selain untuk Mata Uang Kripto

Kompas.com - 06/12/2021, 18:42 WIB
Digital Asset Academy (DAC) meresmikan peluncuran Blockchain 5.0 Relictum.io beberapa waktu lalu, Sabtu (13/11/2021). Dok Humas DACDigital Asset Academy (DAC) meresmikan peluncuran Blockchain 5.0 Relictum.io beberapa waktu lalu, Sabtu (13/11/2021).


KOMPAS.com – Lembaga edukasi ekonomi digital Digital Asset Academy (DAC) meresmikan peluncuran Blockchain 5.0 Relictum.io beberapa waktu lalu, Sabtu (13/11/2021).

Seperti diketahui, blockchain adalah teknologi yang sedang jadi tren di dunia. Teknologi ini digunakan untuk mencatat dan menyimpan setiap transaksi digital. Penggunaannya memang identik dengan pencatatan keuangan mata uang kripto.

Saat ini, puluhan ribu mata uang kripto berjalan dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

Blockchain generasi pertama digunakan untuk memproduksi Bitcoin yang nilai tetingginya mencapai Rp 970 juta per BTC.

Baca juga: Apa Itu Blockchain? Teknologi di Balik Bitcoin dan Mata Uang Kripto

Blockchain generasi kedua memiliki smart contract dan dibuat oleh Ethereum. Kecepatan blockchain ditingkatkan terus oleh EOS sebagai pionir generasi ketiga serta Selee, yaitu blockchain generasi keempat.

Namun, blockchain generasi lama memiliki beberapa masalah, yaitu membutuhkan energi yang sangat besar, kecepatan yang rendah, skalabilitas terbatas, biaya transaksi sangat tinggi, dan rawan serangan hacker.

Karenanya, Blockchain n 5.0 Relictum.io dinilai dapat menjadi solusi yang tepat karena hemat energi, ukuran block 1/8.000 lebih kecil dari block Bitcoin, dan kecepatan tertingginya mampu menyelesaikan 100.000 – 1 juta transaksi per detik.

Lalu, skalabilitasnya juga luas sehingga banyaknya transaksi per hari tak jadi masalah, biaya transaksi sangat rendah, dan  aman dengan verifikasi 1 blok untuk tiap 1 transaksi. Teknologi intinya disebut Hypernet dengan konsensus orisinil Proof of Tsar.

Pakar ekonomi digital sekaligus pendiri DAC Dr Sulistya Putra mengistilahkan blokchain 5.0 Relictum.io sebagai jalan tol bebas hambatan bagi milyaran data, informasi, aplikasi, dan aset digital bernilai tinggi.

“Bayangkan, pengembangan teknologi Blockchain 5.0 seperti proyek pembangunan jalan tol yang akan dilalui jutaan mobil dan semuanya membayar jasa tol. Tentu keuntungan pemilik saham jalan tol itu sangat besar,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (6/12/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.