Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Aturan Wisata Selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Kompas.com - 10/12/2021, 11:33 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah batal menerapkan PPKM Level 3 selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022. Kendati demikian, aturan perjalanan selama masa itu bakal diperketat.

Pengetatan juga berlaku untuk kegiatan wisata. Mengutip Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021, pemerintah akan meningkatkan kewaspadaan pada objek wisata favorit di beberapa daerah meliputi Yogyakarta hingga Bali.

"Meningkatkan kewaspadaan pada objek wisata khususnya untuk daerah-daerah sebagai destinasi pariwisata favorit, antara lain Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, dan lain-lain," tulis instruksi Mendagri dikutip Kompas.com, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Menhub Sebut Libur Nataru Tak Ada Penyekatan, tetapi Pengetatan Prokes

Kemudian, pemerintah akan menerapkan ganjil genap untuk mengatur kunjungan ke tempat-tempat wisata prioritas dan mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan di setiap kabupaten/kota agar memiliki protokol kesehatan yang baik.

Lalu, seluruh alun-alun bakal ditutup pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022.

"Membatasi jumlah wisatawan sampai dengan 75 persen dari kapasitas total, melarang pesta perayaan dengan kerumunan di tempat terbuka atau tertutup," tulis aturan.

Adapun pada tanggal 24 Desember - 2 Januari 2022, pemerintah akan membatasi kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan seni budaya dan olahraga yang dapat berpotensi menimbulkan penularan Covid-19. Kegiatan tersebut harus dilaksanakan tanpa penonton.

Sementara bagi kegiatan yang bukan perayaan Natal dan tahun baru namun menimbulkan kerumunan dihadiri tidak lebih dari 50 orang.

Kemudian, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dengan pendekatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan)," tulis Inmendagri.

Baca juga: Aturan Baru, Operasional Mal Diperpanjang Saat Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com