Tahun Depan Smartfren Perluas Jaringan ke Timur Indonesia, Anggarkan Belanja Modal 200 Juta Dollar As

Kompas.com - 29/12/2021, 18:21 WIB
Penulis Aprillia Ika
|

KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) memproyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar double digit di atas 10 persen pada 2022, seiring pertumbuhan jumlah pelanggan. 

Per September 2021, Smartfren mencatatkan kenaikan pendapatan 12 persen year on year (yoy), dari Rp 6,85 triliun menjadi Rp 7,64 triliun. Sejalan dengan jumlah pelanggan yang bertambah 18 persen dari 27,5 juta menjadi 32,5 juta pelanggan.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Smartfren dengan Mudah

Capex 200 juta dollar AS tahun depan

Direktur Keuangan Smartfren Antony Susilo mengatakan, di tahun depan, Smartfren akan terus melakukan ekspansi jaringan untuk penambahan jumlah pelanggan.

Dengan demikian tahun depan Smartfren menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar 200 juta dollar AS.

"Mayoritas capex akan digunakan untuk pengembangan jaringan," kata Antony seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (28/12/2021).

Saat ini, cakupan jaringan Smartfren terdapat di lebih dari 200 kota atau sekitar 80 persen dari total populasi di Indonesia.

Baca juga: Dukung PPKM Darurat, Smartfren Hadirkan Layanan Pelanggan Online

Perluas jaringan ke Indonesia Timur

Mencakup lebih dari 40.000 BTS 4G yang tersebar hampir merata di Jawa, sebagian Sumatera, sebagian kecil Kalimantan, dan sebagian kecil Sulawesi. Pada 2022, Smartfren berencana memperluas jaringannya ke kota-kota lain di wilayah timur Indonesia.

Harapan Antony, naiknya pendapatan para 2022 akan mengerek perbaikan bottom line Smartfren. "Pasalnya, secara historis, pendapatan operasional perusahaan terus tumbuh dan sudah mencapai hasil positif per kuartal ketiga 2021," ucap Antony.

Per September 2021, margin EBITDA Smartfren naik menjadi 36,8 persen, dari sebelumnya 32 persen. Dari sisi bottom line, kerugian bersih Smartfren juga dapat ditekan menjadi Rp 442 miliar dari periode sama tahun 2020 yang sebesar Rp 1,75 triliun.

Artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Smartfren Telecom (FREN) Menyiapkan Capex US$ 200 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber KONTAN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.