Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Tanpa KTP, Bagaimana Cara Mengaktifkan ShopeePay?

Kompas.com - 16/01/2022, 21:28 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - ShopeePay adalah salah satu uang elektronik yang sering digunakan untuk pembayaran daring (online) maupun luring (offline).

ShopeePay bisa untuk pembayaran online di aplikasi Shopee, pembayaran offline di merchant ShopeePay, dan transfer uang ke sesama ShopeePay, uang elektronik lain, atau pun di bank.

Penggunaan ShopeePay cukup banyak karena Shopee memiliki e-commerce dan layanan pesan antar makanan. Melalui kedua produk tersebut, Shopee sering memberikan berbagai promo untuk pengguna ShopeePay.

Limit akumulasi saldo masuk ShopeePay bisa mencapai Rp 20 juta per bulan. Limit akumulasi ini akan direset setiap tanggal 1 di setiap bulannya. Tidak ada jumlah minimum yang diperlukan untuk setiap transaksi ShopeePay.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Shopee dengan SPinjam

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan ShopeePay?

Cara mengaktifkan ShopeePay

Cara menggunakan ShopeePay cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee di ponsel. Menu ShopeePay terdapat di halaman utama aplikasi atau masuk ke tab Saya dan pilih ShopeePay.

Kemudian untuk cara mengaktifkan ShopeePay bisa mengikuti cara di bawah ini, seperti yang dikutip dari laman resmi Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee dan pilih menu ShopeePay.
  • Baca syarat dan ketentuan yang tertera lalu klik Saya Setuju.
  • Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel yang terdaftar. Masukkan nomor verifikasi tersebut ke kolom yang disediakan.
  • Atur PIN ShopeePay dan konfirmasi kembali. Harap diingat PIN yang sudah terkonfirmasi karena PIN ini akan digunakan
  • untuk memverifikasi setiap pembayaran menggunakan ShopeePay.
  • Lakukan autentikasi identitas bisa berupa sidik jari atau face ID. Namun pengguna juga bisa klik menu Atur Nanti jika ingin menunda pengaturan autentikasi identitas.
  • ShopeePay sudah aktif dan bisa digunakan.

Baca juga: Cara Top Up Free Fire Diamond via Shopee dan Tokopedia

Cara menggunakan ShopeePay adalah bisa untuk bayar ShopeeFood dan belanja di aplikasi Shopee.DOK. Humas ShopeePay Cara menggunakan ShopeePay adalah bisa untuk bayar ShopeeFood dan belanja di aplikasi Shopee.

Cara verifikasi ShopeePay

Setelah menyelesaikan cara mengaktifkan ShopeePay, pengguna bisa melakukan verifikasi supaya bisa mendapatkan manfaat lebih. Jangan lupa untuk mengisi saldo ShopeePay terlebih dulu.

Misalnya, untuk akun yang belum diverifikasi hanya mendapatkan limit saldo maksimal Rp 2 juta. Sementara, untuk akun yang sudah terverifikasi bisa mendapatkan limit saldo Rp 10 juta.

Kemudian akun ShopeePay yang sudah terverifikasi juga bisa menikmati fitur transfer saldo ShopeePay ke teman dan melakukan penarikkan dana ke rekening bank ShopeePay.

Dengan fitur tambahan tersebut, sangat disayangkan jika hanya melakukan cara mengatifkan ShopeePay saja tanpa memverifikasi akun ShopeePay. Bagaimana cara verifikasi akun ShopeePay?

Baca juga: Gratis, Ini Cara Daftar Driver ShopeeFood

Sebelumnya, siapkan dulu KTP atau KITAS yang masih berlaku. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut untuk memverifikasi ShopeePay yang sudah diaktivasi:

ShopeePay adalah salah satu uang elektronik yang sering digunakan untuk pembayaran online maupun offline. Bagaimana cara mengaktifkan ShopeePay?Dok Shopee ShopeePay adalah salah satu uang elektronik yang sering digunakan untuk pembayaran online maupun offline. Bagaimana cara mengaktifkan ShopeePay?

  • Buka aplikasi Shopee dan pilih menu ShopeePay
  • Klik Verifikasi Sekarang.
  • Masukkan detail informasi yang sesuai dengan KTP/KITAS (satu KTP/KITAS hanya bisa terdaftar pada satu akun Shopee).
  • Unggah foto KTP/KITAS. Pastikan pas foto dan data KTP/KITAS terlihat jelas.
  • Unggah foto diri beserta KTP/KITAS. Pastikan wajah dan kartu identitas jelas dan terlihat secara menyeluruh.

Bila KTP atau KITAS rusak, bisa diganti dengan kartu identitas lain seperti SIM atau Kartu Keluarga.

Perlu diingat, proses verifikasi ini memerlukan waktu maksimal 1x24 jam dan tunggu tim ShopeePay menghubungi untuk memverifikasi identitas yang sudah dimasukkan melalui telepon atau video call.

Selanjutnya, tinggal menunggu apakah proses verifikasi ShopeePay ini disetujui atau tidak. Jika tidak disetujui, maka pengguna bisa melakukan verifikasi ulang.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Uang Elektronik

Kesimpulannya, ShopeePay adalah uang elektronik yang memiliki beragam manfaat dan cara menggunakan ShopeePay harus melalui aplikasi Shopee. Cara mengaktifkan ShopeePay juga cukup mudah dan praktis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com