Perluas Layanan QRIS ke Negara Tetangga, BI Gandeng Bank Negara Malaysia

Kompas.com - 27/01/2022, 13:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperluas kerja sama dalam hal implementasi teknologi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara dengan Bank Negara Malaysia (BNM).

Perluasan kerja sama ini ditandai dengan diluncurkannya uji coba interkoneksi pembayaran antarnegara menggunakan QR Code antara Indonesia dan Malaysia, yang dilakukan pada hari ini (27/1/2022).

Baca juga: Manfaat Pedagang Pasar Pakai QRIS, BI: Terhindar dari Uang Palsu, Tak Perlu Sediakan Kembalian

“Melalui inisiatif ini, masyarakat di wilayah Indonesia dan Malaysia dapat melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QRIS atau QR Code Pembayaran Malaysia, yaitu DuitNow, pada merchant offline dan online,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono.

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba dan menuju peluncuran fase komersial sepenuhnya pada kuartal ketiga tahun 2022. Kerja sama ini akan diperluas di masa mendatang untuk mendukung pengiriman uang antarnegara secara real-time antara Indonesia dan Malaysia.

Doni mengungkapkan, inisiatif ini dilakukan untuk menghubungkan pembayaran antarnegara, dan juga sebagai wujud implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

Baca juga: Bank Indonesia Akui Diretas, Kena Serangan Ransomware, Data Kritikal Dipastikan Aman

Promosi penggunaan Local Currency Settlement/LCS

 

Dia menambahkan, Bank Indonesia menyadari pentingnya interkoneksi pembayaran antarnegara dan akan terus memperluas inisiatif tersebut.

“Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan memperluas pilihan pembayaran bagi masyarakat di kedua negara, dan pada akhirnya meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta memperkuat stabilitas makroekonomi dengan mempromosikan penggunaan Local Currency Settlement/LCS (penyelesaian transaksi dengan mata uang lokal) secara lebih luas,” tambah dia.

Adapun penggunaan direct quotation nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank-bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) di bawah kerangka LCS akan meningkatkan efisiensi transaksi sehingga biaya transaksi menjadi lebih murah.

Baca juga: BI Jabar Sulap Pasar Johar Karawang Jadi Modern, Transaksinya Pakai QRIS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.