Konsumen: Pengertian, Prinsip Ekonomi, Hak dan Kewajibannya

Kompas.com - 28/01/2022, 07:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam dunia usaha, peranan konsumen adalah sangat penting. Tanpa adanya konsumen, semua rantai pasokan tidak akan berjalan. Karena itu, konsumen adalah kunci dari keberlangsungan suatu produk.

Konsumen adalah bagian tak terpisahkan dari kegiatan ekonomi selain produsen dan distributor. Lalu, apa yang dimaksud dengan konsumen?

Pengertian konsumen

Sederhananya, konsumen adalah orang atau pihak yang menjalankan kegiatan konsumsi. Dalam pengertian lain, konsumen adalah pengguna barang maupun jasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsumen adalah pemakai barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan, dan sebagainya). Apa itu konsumen juga bisa berarti sebagai pemakai jasa.

Baca juga: BCA Siapkan Rp 400 Miliar untuk Suntik Modal ke Startup

Sementara merujuk pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Istilah konsumen adalah kerap kali disamakan dengan pelanggan atau klien. Meski hampir sama, ketiganya memiliki pengertian tersendiri secara spesifik.

Konsumen adalah orang yang menggunakan atau mengonsumsi produk. Namun dalam praktiknya, konsumen belum tentu orang membeli produk atau barang.

Orang mengonsumsi produk yang dibeli orang lain bisa disebut konsumen. Sedangkan pihak yang melakukan pembayaran disebut pelanggan atau customer.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Alfamart

Sementara klien adalah orang yang menggunakan produk. Hanya saja produk di sini lebih identik dengan jasa. Bisa dikatakan, klien adalah pengguna jasa.

Konsumen adalah rantai terakhir dalam aliran produk setelah produsen dan distributor. Konsumen adalah orang yang hanya akan menggunakan produk tersebut tanpa menjual kembali kepada pihak-pihak tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.