Smart Aviation Blak-blakan soal Hanggar di Malinau: Kronologi Pengajuan Sewa hingga Alami Kerugian

Kompas.com - 08/02/2022, 06:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smart Cakrawala Aviation akhirnya buka suara terkait permasalahan operasi hanggar di Bandara Robert Atty Bessing, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Sebagaimana diketahui, hanggar tersebut ramai dibicarakan banyak pihak, setelah pesawat dan berbagai peratan milik PT ASI Pudjiastuti atau Susi Air dikeluarkan secara paksa dari hanggar itu.

Direktur Utama Smart Aviation Pongky Majaya menegaskan, pihaknya sudah menjadi pemilik izin sewa penggunaan hanggar milik Pemerintah Daerah Malinau, terhitung sejak 1 Jauari 2022.

Baca juga: Diusir dari Hanggar Malinau, Susi Air Layangkan Somasi ke Bupati, Minta Ganti Rugi Rp 8,9 Miliar

Ia bilang, Smart Aviation telah mengajukan proposal pengajuan sewa hanggar kepada Pemerintah Kabupaten Malinau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Terkait dengan seluruh transaksi dan presentasi kita ke pemerintah kabupaten itu keputusan 100 ada di Pemkab. Kami pasif, kami hanya bisa mengajukan proporsal, adu program, bersyukur kita diterima," tutur dia, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (7/2/2022).

Proses pengajuan sewa sudah dimulai September 2021

Terkait dengan kronologi pengajuan sewa, Pongky bilang, pihaknya sudah mulai melakukan presentasi izin sewa penggunaan hanggar sejak bulan September hingga Oktober 2021.

Adapun pengajuan kontrak sewa secara resmi dilakukan pada 17 November 2021, dan pengajuan tersebut diterima oleh pihak Pemerintah Kabupaten Malinau pada Desember 2021.

"Serta ditandatangani oleh kedua belah pihak pada akhir Desember 2021," kata dia.

Sementara itu, Direktur Smart Aviation Winarso menjelaskan, pihaknya memutuskan untuk mengajukan kontrak sewa hanggar di Bandara Malinau, sebab maskapai telah beroperasi dan melayani penerbangan di Kalimantan Utara, tepatnya Tarakan dan Malinau sejak 4 tahun lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.