Kompas.com - 16/02/2022, 19:57 WIB

KOMPAS.com – Beberapa tahun terakhir, dunia bisnis sedang ramai dengan tren coffee shop atau kedai kopi, tempat anak muda biasa nongkrong.

Menjadikan kedai kopi sebagai tempat berkumpul bersama teman maupun rekan kerja, sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi sebagian anak muda.

Akibatnya, banyak anak muda menjadi terbiasa menikmati kopi. Bahkan, rasanya tidak lengkap jika dalam sehari belum minum kopi.

Peluang tersebut menjadi kesempatan yang diambil oleh Jo Ade dan rekannya William Wijaya untuk membuka bisnis coffee on the go atau kopi cepat saji di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Usaha kopi cepat saji asli Balikpapan yang mulai berdiri pada 2018 itu diberi nama Wani Kopi.

Baca juga: Terkena Imbas Pandemi, Dwi Andhika Buka Bisnis Kopi

Wani Kopi lahir dari sebuah gagasan keberanian yang terkandung dalam kata ‘wani’, yang dalam bahasa Jawa memiliki arti ‘berani’. Kata tersebut memiliki makna positif yang juga melambangkan keberanian yang dibutuhkan dalam memulai sebuah bisnis,” papar Jo.

Meskipun awalnya hanya memiliki satu gerai dengan dua pegawai, kini Wani Kopi sudah berkembang menjadi enam gerai yang tersebar di lokasi strategis wilayah Balikpapan.

Jo mengatakan, menu utama Wani Kopi yang paling laris adalah Kopi Origin.

Kopi tersebut, jelas Jo, dilahirkan dari proses riset mendalam yang dilakukan sebelum memulai bisnis.

“Kami mendapatkan respons positif setelah mengirimkan kopi tersebut ke keluarga dan para kerabat terdekat. Dari situlah kami memberanikan diri untuk membuka Wani Kopi,” kata Jo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Cerita Bisnis Kopi Fero Walandow, Sempat Terhenti karena Pandemi Covid-19 Kini Diapresiasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.