Sri Mulyani: Saat Dunia Menghadapi Pandemi, Kenyataan Pahit Muncul...

Kompas.com - 17/02/2022, 19:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada satu realita pahit, bahkan sebelum pandemi Covid-19 usai.

Realitas atau kenyataan itu yaitu pandemi akan terus terjadi dan berulang. Krisis kesehatan dari pandemi yang saat ini melanda dunia bukanlah pandemi pertama, dan diperkirakan bukan yang terakhir.

"Bahkan ketika dunia terus menangani Covid-19, kenyataan pahit muncul. Ini bukan pandemi terakhir yang kita hadapi," kata Sri Mulyani dalam High-Level Seminar 1st FMCBG G20 Indonesia, di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Ancaman Perubahan Iklim Bisa Lebih Besar dari Pandemi, Sri Mulyani Tagih Komitmen Negara G20

Kenyataan pahit itulah yang membuat Indonesia mengusung penguatan arsitektur kesehatan global sebagai salah satu topik utama dalam keketuaan G20.

Sri Mulyani mengungkapkan, pandemi menjadi pelajaran bahwa dunia harus bekerja sama dan berkolaborasi untuk mengatasi krisis. Lika-liku pandemi di dua tahun terakhir dinilai memperjelas bahwa pandemi belum akan berakhir.

"Tema recover together and recover stronger di bawah kepresidenan G20 Indonesia menggarisbawahi pentingnya kerja sama global untuk mengatasi pandemi saat ini dan bersiap menghadapi di masa depan," ucap dia.

Baca juga: Dunia Banyak PR, Presiden Jokowi Berharap Banyak dari Forum G20

Adapun untuk memperkuat arsitektur kesehatan global ada tiga isu utama yang mesti dibahas dalam forum yang mewakili dua per tiga penduduk dunia itu.

Isu pertama yakni membentuk dana kesehatan global untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan merespons pandemi atau Pandemic Prevention, Prepareness, and Response (PPR) dan penguatan sistem survailance kesehatan global.

Dana tersebut diyakini akan mengurangi dampak negatif pada bidang sosial dan ekonomi seperti yang terjadi dalam dua tahun belakangan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Sri Mulyani: Jika Tak Ditangani Baik, Bekas Luka Pandemi Hambat Pemulihan Industri

"Jadi memperkuat arsitektur kesehatan global pada presidensi G20 Indonesia bukan saja merupakan hal yang penting, tapi diperlukan bagi kita semua," beber Sri Mulyani.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.