Astra Life Bayar Klaim Rp 186 Miliar Sejak Awal Covid-19

Kompas.com - 23/02/2022, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) telah membayar klaim terkait Covid-19 senilai Rp186 miliar dengan 5.703 kasus, sejak awal pandemi di Maret 2020.

Jumlah tersebut didominasi pembayaran klaim di tahun 2021 yang menyentuh angka Rp170 miliar. Angka itu meningkat hampir 10 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

"Peningkatan Covid-19 di tahun 2021 berdampak pada peningkatan klaim kesehatan dan kematian secara keseluruhan," ucap Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi dalam keterangan pers, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Luhut: Pasien Covid-19 dengan Komorbid Rata-rata Meninggal 5 Hari Sejak Masuk RS

Tercatat, Astra Life membayar klaim yang terdiri dari kasus rawat jalan dan rawat inap sebesar Rp15 miliar. Sedangkan, klaim kematian sebesar Rp155 miliar di tahun 2021.

Astra Life telah menangani 5.502 kasus di tahun 2021. Jumlah tersebut meningkat tajam dari tahun 2020 yang hanya 201 kasus.

Di sisi lain, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sendiri mencatat, total klaim industri asuransi jiwa telah mencapai Rp7,36 triliun sejak kasus Covid-19 ditemukan pertama kali pada Maret 2020 lalu.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir, Negara G20 Harus Siap-siap

Windawati memaparkan, Astra Life akan menjamin perawatan Covid-19 mengikuti ketentuan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan dengan surat Nomor HK. 01.07/MENKES/104/2020 dan HK.01.07MENKES/446/2020 yang memuat ketentuan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melakukan penggantian biaya dan pembayaran ke rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

"Dengan demikian, nasabah bisa mendapatkan proteksi secara aman dan nyaman karena ketentuannya telah dijamin oleh pemerintah dan Astra Life turut mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan," tambah dia.

Di samping itu, Astra Life juga tetap menawarkan produk perlindungan Covid-19, baik itu asuransi jiwa maupun kesehatan, asuransi jiwa tradisional, maupun yang dikaitkan dengan investasi atau unit link.

Sekarang, Astra Life sedang menggaungkan kampanye #GotYourBack yang telah menghadirkan berbagai program dan inovasi yang dilakukan sebagai wujud adaptasi akan kondisi luar biasa akibat Covid-19.

Baca juga: Berapa Biaya Perawatan Covid-19 di Rumah Sakit?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.