Kompas.com - 04/05/2022, 21:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) mencatat, peminat pengguna kereta api hingga hari kedua Lebaran 2022 masih tinggi.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menyampaikan, volume KA Jarak Jauh mencapai 103.414 pelanggan dengan okupansi 85 persen dari total tempat duduk yang disediakan pada hari kedua Lebaran.

Adapun pada hari kedua Lebaran atau 3 Mei 2022, volume KA Jarak Jauh mencapai 146.322 pelanggan dengan okupansi 120 persen karena adanya penumpang kereta api yang dinamis.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan di Stasiun, Menhub Imbau Pemudik Perhatikan Jadwal Keberangkatan Kereta Api

“Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh pada hari pertama dan kedua libur Lebaran digunakan pelanggan baik untuk mudik maupun balik, juga untuk keperluan lainnya," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers, Rabu (4/5/2022).

Joni menuturkan, banyaknya pelanggan kereta api pada hari pertama dan kedua Lebaran dipengaruhi oleh berbagai motif. Salah satu motifnya adalah terdapat pelanggan yang ingin bepergian setelah salat Idul Fitri di Jakarta.

"Motif lainnya yaitu pelanggan yang memilih bepergian pada tanggal-tanggal alternatif, serta pelanggan yang baru berkesempatan untuk mudik," ucap dia.

Sementara itu, okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi pasca Lebaran. Pada periode 4-8 Mei atau hingga H+5 Lebaran, rata-rata volume harian mencapai 120.529 pelanggan dengan rata-rata okupansi harian mencapai 99 persen.

Baca juga: Cek Lagi Syarat Naik Kereta Api Mudik Lebaran 2022

Adapun pada periode 9-13 Mei atau hingga H+10 Lebaran, tempat duduk KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia dengan rata-rata 49.794 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi harian yaitu 41 persen.

“Kami mengajak masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada momen pasca Lebaran. Jumlah tempat duduk kereta api masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung,” imbau Joni.

Karena tingginya animo masyarakat, sampai 4 Mei 2022, KAI telah menjual 2.051.841 tiket KA Jarak Jauh atau 78 persen dari total tiket yang disediakan.

Untuk periode H-10 sampai hari kedua libur Lebaran, KAI telah melayani 1.200.224 pelanggan atau rata-rata 100.019 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi sebesar 84 persen.

"Tanggal yang menjadi favorit masyarakat pascalebaran adalah keberangkatan 4 dan 5 Mei, atau H+1 dan H+2 Lebaran dengan rute favorit Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Semarang pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Surabaya pp, dan lainnya," tandas Joni.

Baca juga: Tiket Kereta Api Jarak Jauh Setelah Lebaran Masih Tersedia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.