Pemerintah Ajak ITMG Bangun Persemaian Mentawir untuk IKN

Kompas.com - 18/05/2022, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) bekerja sama dengan pemerintah dalam membangun Persemaian Mentawir Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Area persemaian ini prasarana dasarnya dibangun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Direktur Utama ITMG Mulianto mengatakan, dengan proyek Persemaian Mentawir ini, ITMG akan memproduksi sekitar 15 juta bibit tanaman per tahun untuk ditanam di IKN.

Baca juga: Menag Bantah Dana Haji Dimanfaatkan untuk Pembangunan IKN

Pasalnya, IKN akan dikembangkan dengan konsep Kota Hutan, yang pembangunannya dimulai dengan mendirikan dan mengembangkan pusat persemaian (nursery) yang memadai.

"Kita yang khusus untuk Mentawir sekitar 7-8hektare rumah persemaiannya, kita akan produksi setahun sekitar 15 juta," ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Namun, ITMG hingga kini belum dapat memastikan besaran investasi pada proyek hijau ini karena masih dalam proses penghitungan dan besarannya disesuaikan dengan proyek IKN ke depannya.

"Cukup besar (investasinya). Kita belum selesai menghitung. Target selesai mungkin akhir tahun," kata dia.

Dia menjelaskan, proyek penghijauan IKN ini sejalan dengan visi dan misi ITMG sebagai perusahaan tambang yang mengedepankan lingkungan.

Menurut Mulianto, ITMG bergerak di bidang pertambangan batubara sehingga kerap melakukan aktivitas penanaman kembali atau revegetasi melalui anak-anak usahanya sejak operasi penambangan dimulai.

Instalasi pembibitan ITMG dikembangkan di setiap area operasi. Selain itu, dilakukan pula penyelamatan spesies kunci tanaman lokal dari lahan pra-tambang bekerjasama dengan ahli-ahli

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.