Cara Kerja Sistem MLFF Gunakan GNSS, Pengganti E-toll

Kompas.com - 21/05/2022, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Multi lane free flow (MLFF) atau teknologi sistem pembayaran nirsentuh di gerbang tol bakal diperkenalkan pemerintah pada akhir tahun 2022.

Dengan demikian, sistem pembayaran ini akan menggantikan saldo uang elektronik (e-toll) sebagai alat pembayaran jalan tol. Nantinya, pengguna jalan tidak perlu berhenti di gerbang tol karena tarif perjalanan akan terkalkulasi sendiri dengan sistem baru tersebut.

Metode baru ini disinyalir mempercepat waktu tempuh dan mengurangi kemacetan di pintu masuk tol.

Baca juga: BPTJ Usulkan Uji Coba Pembayaran Tol MLFF Diterapkan ke Bus

Lantas, bagaimana cara kerja MLFF?

Perlu kamu tahu, Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS). Teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi melalui aplikasi di ponsel dan dibaca melalui satelit.

Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit. Lalu, proses map-matching akan berjalan di sistem pusat/inti (central system). Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan kata lain, tarif tol akan terkalkulasi lewat aplikasi ponsel yang terhubung dengan sistem tersebut, ketika kendaraan sudah keluar gerbang tol.

Asal tahu saja, beberapa negara di dunia sudah menerapkan sistem GNSS. Negara-negara yang dimaksud, antara lain Jerman, Hungaria, Ceko, Rusia, Australia, hingga Belgia.

Sistem ini bakal mempercepat waktu tempuh dan mengurangi kemacetan di pintu tol. Pasalnya, penggunaan MLFF tidak memakan waktu sama sekali, dibanding dengan sistem e-toll yang memakan waktu sekitar 4 detik.

Baca juga: Sistem Pembayaran MLFF di Tol Diterapkan Penuh pada 2024

Begitu pun lebih baik dibanding pembayaran manual yang memakan waktu hingga 10 detik. Oleh karena itu, sistem ini juga mengefisiensi biaya operasi dan meminimalisasi bahan bakar kendaraan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.