Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2022, 20:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat kenaikan pembiayaan kredit komersial dan UMKM sebesar 8,2 persen pada Kuartal I-2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

EVP Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, kenaikan kredit komersial dan UMKM tersebut menandakan sektor komersial dan UMKM mulai bangkit selama pandemi Covid-19.

"Nilainya Rp 188,8 triliun (pembiayaan kredit) komersial dan UMKM. Tampaknya ini UMKM ada rebound pertama kali setelah pandemi," ujarnya di Wisma BCA Foresta Tangerang, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Garuda Bakal Tambah Jumlah Pesawat jika PKPU Disepakati Kreditur

Pada 2021, BCA menyelenggarakan UMKM Fest yang menjadi ajang promosi lebih dari 1.700 merchant UKM melalui platform online untuk mengerek pertumbuhan kredit UMKM.

"Kita develop untuk temporary website orang bisa belanja di situ. Seluruh UMKM binaan BCA bisa (berjualan online), ini menjadi showcase mereka untuk jualan online," ucapnya.

Sebab, kata Hera, masih banyak pelaku UMKM yang tidak mengetahui cara untuk berjualan online. Padahal banyak dari UMKM tersebut mempunyai produk-produk yang memiliki nilai tambah.

"Akhirnya kita ajari bagaimana caranya. Gak gampang lho, susah, tapi kita senang ketika mereka akhirnya naik kelas," kata dia.

Baca juga: Bank Sentral Inggris Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi sejak 2009

Selain itu, BCA juga menjembatani UMKM potensial untuk dapat mengekspor produknya ke negara lain dengan mempertemukan pelaku UMKM dengan kedutaan luar negeri dan para calon pembeli dari berbagai negara.

"Di antaranya ada yang sepakat produk-produknya (diekspor). Kebanyakan food and beverage ya seperti rendang," terangnya.

Upaya-upaya membina UMKM tersebut masih akan terus dilakukan BCA untuk meningkatkan pembiayaan UMKM ke depannya.

"Sampai saat ini komunitas itu masih bersama kami. Jadi kami sangat senang profil-profil nasabah kami adalah profil nasabah yang berkualitas dan memiliki daya juang untuk terus mengeksplore kemampuannya," tutur Hera.

Baca juga: Ini Sederet PR Hadi Tjahjanto di IKN Nusantara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com