Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite, Siapkan Dokumen Ini

Kompas.com - 28/06/2022, 20:51 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembelian Pertalite dan Solar di SPBU Pertamina bakal diperketat. Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem berbasis aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan situs web MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022.

“Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini. Kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar,” ujar Alfian dikutip dari laman resmi Pertamina, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Kemenperin: Baru 5,3 Persen Pengecer Terapkan Beli Migor Pakai PeduliLindungi

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di situs web MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/

Alfian menambahkan pihaknya bersama pemerintah mewajibkan aturan ini agar pembelian BBM Pertalite dan Solar tepat sasaran.

Nantinya sistem MyPertamina akan membantu melakukan pencocokan data pengguna dan transaksi tercatat secara digital.

Baca juga: Mayora Bakal Tebar Dividen Senilai Rp 469 Miliar

Menurut Alfian, aturan ini dilakukan agar pemerintah bisa membuat program atau kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah.

"Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar," kata dia.

Dengan diberlakukannya program ini, lanjut dia, Pertamina dan pemerintah bisa melindungi masyarakat yang berhak menikmati bahan bakar bersubsidi.

Baca juga: Simak Daftar Biaya Admin BRI, Setoran Awal, dan Saldo Minimal

Cara daftar MyPertamina

Dikutip dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id/, berikut tahapan pendaftaran pengguna baru MyPertamina yang akan dibuka pada tanggal 1 Juli 2022:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  • Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/ 
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui email.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kuning Online dan Offline 2022, Serta Syaratnya

Menurut Alfian, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

“Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital," ujar Alfian.

Adapun implementasi tahap 1 pembelian BBM Solar dan Pertalite menggunakan MyPertamina akan dilaksanakan di 11 daerah. Di antaranya Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

Cara beli Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina dengan mudahKOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Cara beli Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina dengan mudah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com