Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pensiun, ASN Bisa Manfaatkan Layanan BRI untuk Cari Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 29/06/2022, 19:51 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggali potensi wirausaha para aparatur sipil negara atau ASN di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dengan berbagai program yang dimiliki salah satu bank BUMN itu, ASN bisa menambah penghasilan terutama menjelang masa pensiun.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara Ngobrolin Produk BRI mengatakan, ASN yang masih aktif pun diperbolehkan membuka usaha mandiri.

"Sebagai ASN, kita diperbolehkan berwirausaha tetapi tentu saja sesuai koridor peraturan yang berlaku," kata dia dalam siaran pers, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Petani Sawit Minta Kebijakan DMO dan DPO Dihapus, Ini Alasannya

Secara umum, ada dua produk yang dikenalkan oleh BRI dalam sosialisasi tersebut. Produk tersebut adalah agen BRILink dan Brigunapreneur.

Vice President BRI Consummer Lending & Sales Division Teddy Anggiat menjelaskan, dengan menjadi agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum bisa mendapatkan pelayanan perbankan.

Layanan tersebut yaitu transfer ke sesama BRI, transfer antarbank (rekening bank berbeda), setor dan tarik tunai, bayar tagihan listrik, bayar iuran BPJS Kesehatan, bayar angsuran kredit, bayar belanja online, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

"Bank BRI juga memberikan kesempatan bagi para ASN untuk menjadi Agen BRILink dengan konsep bagi hasil yang lebih menguntungkan sehingga menambah pendapatan, dan tambahan lainnya," ucapnya.

Baca juga: Pengendara Motor Belum Perlu Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite

Selain menjadi agen BRILink, ada juga produk Briguna Mobile yang merupakan fitur dari BRI Mobile atau BRIMO. Produk ini adalah langkah BRI agar nasabah terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal.

BRI menawarkan Briguna Preneur untuk pinjaman modal usaha khusus pegawai atau pensiunan untuk memulai usaha serta dapat memilih jenis usahanya. Pinjaman modal atau biaya ini bisa dilakukan melalui BRIMO, tidak perlu lagi antre di bank seperti cara konvensional.

BRIguna diperuntukan bagi ASN, TNI, Polri yang gajinya harus dibayarkan melalui BRI.

Akhir sosialisasi ditutup dengan simulasi pengajuan Briguna Preneur yang disebut cukup mudah. Pemohon hanya perlu menyiapkan e-KTP, mengakses aplikasi BRImo, serta melakukan perbandingan muka atau face compare.

Baca juga: Sediakan Minyak Goreng Murah, Produsen Bisa Dapat Kuota Ekspor 5 Kali Lipat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com