Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Diblokir Warga, Pengelola: Sudah Kondusif

Kompas.com - 29/06/2022, 21:55 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku operator, memastikan jalan tol Cimanggis-Cibitung kini sudah kondusif dan dapat dilalui pengguna jalan kembali.

"Saat ini Jalan Tol Ruas Cimanggis- Jatikarya telah dapat digunakan kembali dan masih terdapat penjagaan dari aparat Kepolisian untuk memastikan kondisi di lapangan tetap kondusif dan aman bagi pengguna jalan tol," tulis Manajemen PT Cimanggis Cibitung Tollways dalam keterangan resmi, Rabu (29/6/2022)

Pengguna jalan tol Cimanggis-Cibitung sempat tidak bisa melalui jalan tol ini karena ruas jalan dari Cimanggis hingga Jatikarya ditutup oleh sejumlah warga.

Baca juga: Cek Tarif Tol Bandara Juanda Terbaru dan Sistem Pembayarannya

Penutupan jalan ini merupakan aksi warga berunjuk rasa menuntut uang ganti rugi atas penggunaan tanah untuk tol ini.

Diketahui, lahan yang menjadi objek tuntutan berada di daerah Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat seluas 4,2 hektare. Tanah ini belum dibayarkan selama 25 tahun.

Berdasarkan keterangan dari Manajemen PT Cimanggis Cibitung Tollways, unjuk rasa ini dimulai pukul 13.00 WIB di Gerbang Tol Jatikarya 1 dan 2.

"Telah terjadi aksi penyampaian aspirasi oleh warga sehubungan dengan sengketa kepemilikan lahan di ruas tol Cimanggis – Jatikarya," tulis manajemen.

Selanjutnya, para pendemo menutup seluruh gerbang tol sekitar pukul 13.50 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kemudian dilanjutkan dengan meloloskan kendaraan yang melewati Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Segmen Cimanggis Junction-On/Off Ramp Jatikarya, Jalur A (Cimanggis arah Jatikarya) dan Jalur B (Jatikarya arah Cimanggis) dan berlangsung sekitar 10 menit pada pukul 15.10 WIB," jelas manajemen.

Baca juga: Cek Tarif Tol Surabaya-Gresik Terbaru untuk Semua Golongan Kendaraan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com