Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterbatasan Alat Pemuas Kebutuhan dalam Ilmu Ekonomi Disebut?

Kompas.com - 25/07/2022, 14:04 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut kondisi kelangkaan. Dalam ilmu ekonomi, setiap manusia pasti memiliki kebutuhan untuk menjamin kelangsungan hidup.

Kelangkaan inilah yang dibayarkan dengan sejumlah uang. Namun, tak semua kebutuhan bersifat terbatas, ada pula yang tak terbatas. Seperti udara yang kita hirup, kita tak perlu membayar atau melakukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Mengingat setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka alat pemuas kebutuhannya juga berbeda-beda. Terlebih, tak semua kebutuhan manusia bisa dipenuhi oleh sumber daya yang ada.

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, kelangkaan adalah kondisi di mana terjadinya kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas sedangkan permintaan atau kebutuhan akan sumber daya tersebut sangatlah banyak atau tidak terbatas.

Baca juga: Peluang Produk Masyarakat Indonesia Menembus Pasar Internasional

Sederhananya, keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi yang disebut sebagai konsep kelangkaan tersebut terjadi apabila jumlah kebutuhan terhadap sumber daya tidak dapat dipenuhi akibat terbatasnya sumber daya yang bisa digunakan.

Itulah sebabnya, keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut dengan kelangkaan, mengingat jumlah alat pemuas kebutuhan lebih sedikit daripada jumlah kebutuhan atas alat pemuas tersebut.

Keadaan ini mendorong manusia untuk melakukan pilihan di antara berbagai alternatif yang paling menguntungkan.

Dalam teori ekonomi, sumber daya apa pun memiliki nilai dari nol atau tidak berharga hingga langka. Yang artinya, semakin langka, semakin bernilai pula pengorbanan atau harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.

Baca juga: Besaran Bunga Shopee Paylater, Denda, dan Cara Menghitungnya

Berikut jawaban Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut KOMPAS.com/RAJA UMAR Berikut jawaban Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut

Penyebab kelangkaan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kelangkaan. Di antaranya adalah karena faktor-faktor berikut ini.

1. Perbedaan letak geografis

Letak geografis yang berbeda-beda menyebabkan persebaran sumber daya di berbagai wilayah tidak sama. Ada wilayah yang tanahnya subur, tapi ada pula yang wilayahnya tandus dan kekurangan air bersih. Perbedaan letak geografis menjadi faktor penyebab kelangkaan.

2. Ketidakseimbangan pertumbuhan penduduk

Saat laju pertumbuhan penduduk lebih cepat dari pada laju pertumbuhan hasil produksi, maka akan menimbulkan kelangkaan (penyebab kelangkaan). Karena hasil produksi tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin banyak.

3. Rendahnya kemampuan produksi

Kemampuan produksi berpengaruh terhadap ketersediaan barang atau jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Kemampuan produksi yang terbatas akan mengakibatkan rendahya jumlah produksi. Hal ini dapat menimbulkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia.

4. Lambatnya perkembangan teknologi

Teknologi yang digunakan produsen dalam proses produksi sangat mempengaruhi kemampuan dalam proses produksi itu sendiri. Lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi menyebabkan tidak terpenuhi kebutuhan manusia secara maksimal.

5. Bencana alam

Bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, serta bencana alam yang lain merupakan salah satu faktor penyebab kelangkaan yang tidak dapat diprediksi oleh manusia. Bencana alam selalu menyisakan kerusakan bangunan, infrastruktur, sumber daya alam yang lain rusak, bahkan menimbulkan korban jiwa.

6. Pandemi

Pandemi yang terjadi di belahan bumi ini menjadi penyebab kelangkaan yang tidak dapat diprediksi pula. Pembatasan kegiatan masyarakat mengakibatkan terhentinya proses produksi barang, penggunaan jasa juga terbatas, sumber daya manusia juga sangat terbatas, karena banyak orang meninggal akibat pandemi ini.

7. Perang

Selain pandemi dan bencana alam, perang juga menjadi penyebab kelangkaan. Keadaan perang akan membuat kegiatan ekonomi seperti produksi, konsumsi, dan distribusi terganggu, bahkan terhenti.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliate Program dan Beragam Keuntungannya

Apa jawaban keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut kelangkaan.Dok. Jatam Kaltim Apa jawaban keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut kelangkaan.

Kesimpulannya, keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut kelangkaan, karena alat pemenuhan kepuasan manusia relatif terbatas atau jumlahnya lebih sedikit dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com