Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Produk Masyarakat Indonesia Menembus Pasar Internasional

Kompas.com - 25/07/2022, 13:37 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh beberapa faktor.

Pertama, peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh sumber daya alam yang dimiliki.

Selain sumber daya alam, hal lain yang perlu dimiliki agar produknya bisa diterima di pasar internasional adalah sumber daya manusia.

Ketiga adalah kebijakan pemerintah seperti kesepakatan kerja sama ekonomi dan perdagangan bebas (free trade) dengan negara lain.

Baca juga: Jadwal KRL Solo Jogja Terbaru 2022 Lengkap Semua Stasiun

Dikutip dari Buku Kerja Sama Perdagangan Internasional, Peluang dan Tantangan bagi Indonesia (2007), peluang ekspor Indonesia sejak dulu sudah terbilang besar, bahkan sejak terbentuknya sejumlah kesepakatan perjanjian bebas atau General Agreement on Tariffs and Trade (GATT) dan terbentuknya Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Peluang perdagangan luar negeri Indonesia semakin melebar sejak keduanya terbentuk karena banyak mengurangi hambatan-hambatan di negara-negara tujuan ekspor.

Indonesia memiliki peluang ekspor yang lebih baik dibanding beberapa negara karena melimpahnya sumber daya alam dan tenaga kerja produktif yang dimiliki.

Indonesia sendiri sejauh ini adalah salah satu negara dengan potensi ekonomi terbesar dunia. Bahkan saat ini, Indonesia sudah masuk dalam kelompok G20.

Baca juga: Khrushchyovka, Cara Uni Soviet Sediakan Rumah Murah bagi Warganya

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh tiga faktor penting.KOMPAS/HERU SRI KUMORO Peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh tiga faktor penting.

Kesimpulannya, peluang produk masyarakat indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh melimpahnya tenaga kerja dan sumber daya alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com