Bos BCA Pertimbangkan Kekayaan Intelektual Jadi Jaminan Utang Tambahan

Kompas.com - 27/07/2022, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membuka kemungkinan menjadikan kekayaan intelektual sebagai jaminan untuk pengajuan utang di BCA.

Seperti diketahui, kekayaan intelektual seperti konten YouTube dapat dijadikan jaminan utang bank dan nonbank berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA akan mempertimbangkan kekayaan intelektual sebagai jaminan tambahan utang bukan jamninan utama utang.

"Kita mungkin akan mempertimbangkan hal itu sebagai jaminan tambahan. Jadi bukan jaminan satu-satunya ya karena kita tahu yang namanya kredit itu bisa berbagai macam jaminan. Ini mungkin kita akan coba mempertimbangkan sebagai jaminan tambahan bukan jaminan utama," ucapnya saat konferensi pers, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Kekayaan Intelektual Jadi Jaminan Utang, Ini Respons Bank-bank

Menurut PP Nomor 24 Tahun 2022, terdapat beberapa kriteria kekayaan intelektual yang dapat dijadikan jaminan utang. Salah satunya ialah kekayaan intelektual yang dinilai oleh tim penilai yang berkompeten.

Oleh karenanya, dia bilang, tidak sembarang kekayaan intelektual dapat dijadikan jaminan utang di BCA. Pasalnya, BCA sebagai lembaga keuangan perlu mengetahui berapa nilai pasti dari kekayaan intelektual tersebut.

"Namun ada ketentuan juga tentunya, kalau bank mau menerima jaminan harus ada penilaian dari pihak independen," jelas Jahja.

Baca juga: Ini Kekayaan Intelektual yang Dapat Dijadikan Jaminan Utang ke Bank dan Non-bank

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihak independen ini nantinya akan bertugas menilai valuasi sebuah kekayaan intelektual yang akan dijadikan jaminan utang serta menilai dari sisi cash flownya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.