Bentuk Platform OGWE, B20 Siap Bantu Pendanaan dan Pembinaan UMKM Perempuan Global

Kompas.com - 09/08/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Business of 20 atau B20 yang menjadi bagian dari G20 berupaya mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) naik kelas. Hal itu dilakukan dengan menyediakan wadah bernama One Global Women Empowerment (OGWE).

Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani mengatakan, platform OGWE merupakan salah satu gebrakan dalam Presidensi G20 Indonesia, sebab menjadi langkah konkret untuk memberdayakan UMKM perempuan.

Lewat forum ini UMKM di seluruh negara anggota G20, tak terkecuali Indonesia, akan mendapatkan akses pendanaan dan pembinaan untuk mengembangkan usahanya. OGWE nantinya akan menghubungkan UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar.

"Kami tidak hanya ingin menciptakan UMKM, tapi juga membuat UMKM itu benar-benar bisa naik kelas. Pembiayaan itu menjadi yang sangat penting, tidak cukup hanya keterlibatan perbankan. Maka nanti akan ada fund khusus UMKM perempuan yang bisa dimanfaatkan untuk mobilisasi pembiayaan bagi UMKM perempuan," ungkapnya dalam media briefing OGWE di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: B20 Dorong Penguatan UMKM Lewat Kolaborasi Antar Sektor

Ia menjelaskan, OGWE dibentuk karena selama ini pengembangan UMKM yang dilakukan oleh pemerintah, swasta, dan lembaga bergerak dengan program masing-masing, tanpa terintegrasi. Maka dengan adanya forum ini nantinya semua akan terintegrasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kelas UMKM.

Shinta pun berharap banyak perusahaan baik di dalam maupun luar negeri yang akan bergabung dengan OGWE. Nantinya, akan ada pula organisasi yang menjadi permanent secretariat untuk mengelola OGWE, sebab forum ini akan menjadi legacy untuk Presidensi G20 selanjutnya.

"Jadi ini tidak bisa jalan (pengembangan UMKM) kalau tidak ada kolaborasi dari banyak pihak. OGWE ini terkoneksi dengan G20, sehingga bisa belajar dari UMKM di negara-negara G20, tidak hanya UMKM di Indonesia saja," jelas dia.

Sementara itu, Ketua B20 Women in Business Action Council (WiBAC) Ira Noviarti menambahkan, pembentukan OGWE dilakukan setelah diadakannya beberapa pertemuan dengan para perwakilan G20. WiBAC yang merupakan salah satu task force B20 pun mengajukan tiga langkah strategis untuk mendukung kesetaraan gender.

Terdiri dari mempercepat pemberdayaan pengusaha dan pekerja perempuan, mendorong kemampuan digital dan kepemimpinan perempuan, serta membuat lingkungan kerja yang adil dan aman bagi semua pihak.

Baca juga: B20: Keterlibatan Perempuan Sumbang 28 Triliun Dollar AS bagi PDB Dunia

Maka dari rekomendasi tersebut, salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah membentuk platform OGWE. Tujuannya untuk mempermudah para sponsor menyalurkan pendanaan ke UMKM yang membutuhkan.

"Ini akan mempertemukan pihak yang membutuhkan dengan pihak yang memberikan bantuan. Karena kan banyak perusahaan, asosiasi, atau organisasi yang memiliki inisiatif sangat baik (untuk mendukung UMKM), tapi tidak ketemu, istilahnya antara supply dan demand-nya," ujar Ira dalam kesempatan yang sama.

Oleh karena itu diharapkan forum ini akan diikuti oleh para pelaku industri, investor, pemerintah, filantropi, hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM). Sehingga seluruh pihak bisa berkolaborasi untuk mendukung pengembangan UMKM guna berdampak pada pemulihan ekonomi global.

"Jadi dalam OGWE ini juga akan diberikan pelatihan, termasuk dalam hal akses platform digital kepada para pelaku usaha perempuan, serta akan adanya knowlegde sharing (berbagi pengetahuan)," tutupnya.

Baca juga: Forum B20 Indonesia, Kadin Soroti Permasalahan Pendidikan di Era Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.