Bangun Kantor Baru di Semarang, CBN Perluas Pasar Jaringan Fiber Optik di Jateng-DIY

Kompas.com - 10/08/2022, 12:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cyberindo Aditama (CBN), salah satu pelopor internet provider di
Indonesia, meresmikan kantor cabang baru di BSB City, Kota Semarang, sebagai pusat layanan untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta (DIY) pada 9 Agustus 2022 lalu. 

Pembangunan kantor cabang di Semarang dalam rangka perluasan layanan CBN, untuk mendukung koneksi internet yang cepat bagi warga Jateng-DIY, khususnya untuk para pelaku usaha. 

"Koneksi internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan untuk mendukung penggunaaan aplikasi dan kegiatan digital yang saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia," kata Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN, melalui keterangannya, Rabu (10/8/2022). 

Baca juga: Bangun Jaringan Internet di IKN, Menkominfo Lobi Perusahaan AS

Dedy menambahkan, penetrasi internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama wilayah Jawa. Oleh sebab itu pihaknya membangun kantor baru di Semarang. 

Mengutip hasil Survei Internet Indonesia APJII 2021-2022, menunjukkan kenaikan persentase penetrasi internet di Indonesia pada periode tahun 2021-2022 sebesar 77,02 persen, atau meningkat 3,32 persen dari periode 2020-2021. Dari survei tersebut, penetrasi internet pulau Jawa masih terbesar, yaitu 78,39 persen.

Kantor baru CBN di Semarang merupakan kantor ke-9 di Indonesia. Sebelumnya, CBN memiliki kantor lain yang berlokasi di Medan, Palembang, Tangerang, Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Baca juga: Surge Bangun Jaringan Fiber Optik Tahap Pertama Pulau Jawa Sepanjang 2.800 Km

Pelanggan perumahan dan pelanggan bisnis CBN

Dedy mengatakan, khusus untuk pelanggan perumahan di Jateng-DIY, CBN menghadirkan beragam paket internet cepat hingga 1 Gbps dengan menggunakan koneksi fiber optik yang lebih stabil (CBN Fiber). 

 

Ia menambahkan, CBN Fiber di Jateng-DIY sudah dapat melayani beberapa kota dan kabupaten, seperti Semarang, Purwokerto, Banyumas, Surakarta, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, Yogyakarta, Sleman, dan Bantul.

Pembukaan kantor CBN di Semarang juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi. 

Untuk itu, CBN memberikan layanan akan koneksi internet dedicated dan managed service CBN Business dengan standar Internasional. Layanan ini menyasar sektor perbankan, pemerintahan, pendidikan, pariwisata, dan layanan korporasi lainnya.

Baca juga: Perkuat Bisnis Menara Telekomunikasi, Mitratel Genjot Jumlah Menara Berjaringan Fiber Optik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.