Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Panas Bumi RI Besar, Pemanfaatannya Harus Dioptimalkan

Kompas.com - 15/08/2022, 17:40 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki potensi energi panas bumi yang besar, pemanfaatannya pun harus dioptimalkan agar di masa depan RI bisa menjadi pusat industri panas bumi global.

Panas bumi disebut salah satu energi baru terbarukan (EBT) yang paling relevan untuk menjadi sumber daya energi utama untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Menurut Presiden Direktur PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Ahmad Yuniarto, anggota Subholding Power and New Renewable Energy Pertamina, dengan menjadi pusat industri panas bumi dunia, secara otomatis ketahanan energi yang ditopang oleh panas bumi bisa terwujud.

"Indonesia sangat potensial untuk panas bumi karena melimpahnya sumber daya. Listrik yang dihasilkan dari panas bumi juga sangat stabil dan masih ada ruang agar biayanya kompetitif dan energi panas bumi sangat kompeten sebagai base load pembangkit listrik untuk sistem kelistrikan apapun," ujar Yuniarto, Senin (15/8/2022), melalui keterangannya.

Baca juga: Pertamina Geothermal Bidik 5 Peluang Bisnis Energi Panas Bumi

Green hydrogen

Ia melanjutkan, untuk bisa mengejar target dekarbonisasi maka pengembangan panas bumi memerlukan akselerasi ekstra dari dari pemerintah selaku regulator. Namun pengembangannya, misal jadi green hydrogen, membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh PGE.

"Kita bisa jadikan geothermal sebagai green economy memberikan efek terhadap Indonesia. Kondisi itu memberikan value lebih banyak ke Indonesia hanya saja bisakah kiga memproyeksikan green hydrogen dengan biaya efisien," ungkap Yuniarto saat berbicara dalam 11th ITB International Geothermal Workshop 2022, belum lama ini.

Baca juga: Wamen BUMN: Pertamina Geothermal Energy Siap IPO

PGE sudah menjalin koordinasi dengan beberapa Kementerian untuk pemanfaatan green hydrogen. PGE juga akan mencari mitra strategis untuk pengembangan bisnis baru ini. Tidak hanya untuk bisnis panas bumi mitra nanti juga diharapkan bisa membawa teknologi serta pendanaan untuk pengembangan green hydrogen.

Green hydrogen diyakini bisa dikembangkan berdampingan dengan potensi panas bumi karena cadangannya juga disekitar cadangan panas bumi. Indonesia yang memiliki cadangan panas bumi besar tentu memiliki keuntungan besar.

“Ke depan, green hydrogen tidak hanya diminati dari dalam tapi juga dari luar negeri,” katanya.

Baca juga: Konstruksi Selesai, Pertamina Geothermal Energy Segera Operasikan PLTP di Lahendong

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com