Literasi Keuangan Masih Rendah, OneAset Tawarkan Edukasi Investasi Lewat Aplikasinya

Kompas.com - 15/08/2022, 21:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform investment hub, OneAset, berencana untuk fokus melakukan edukasi kepada penggunanya terkait beragam jenis investasi. Ini dilakukan sebagai respons dari rendahnya tingkat literasi keuangan nasional.

Presiden Direktur OneAset Breggy Anderson mengatakan, saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung. Namun, tidak banyak aplikasi yang memberikan edukasi terkait investasi yang ditawarkan.

Oleh karenanya, OneAset membangun ekosistem investasi yang memiliki fitur berupa edukasi literasi keuangan, manajemen keuangan, hingga komunitas investasi.

Baca juga: Pemerintah Berkomitmen Kembangkan Literasi Keuangan bagi Petani hingga Nelayan

"Ada berbagai macam aplikasi investasi di Indonesia saat ini, namun rasanya masih banyak aplikasi investasi yang berfokus kepada penjualan produk semata terutama kepada pengguna yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi," ujar Anderson, dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).

Anderson menjelaskan, pada aplikasi ini, terdapat fitur komunitas yang memungkinkan pengguna dan para influencer keuangan untuk bisa saling berinteraksi dan berbagi ilmu, pengetahuan, serta bersaing dengan penawaran beragam produk finansial dan investasi emas hingga NFT.

Salah satu produk investasi pertama yang diluncurkan OneAset adalah produk emas digital. Bekerja sama dengan IndoGold, OneAset memberikan layanan perdagangan emas online digital tanpa biaya penanganan.

"Volume transaksi perdagangan emas sudah mencapai lebih dari Rp 600 miliar dan lebih dari 500.000 pengguna membeli dan menjual di aplikasi OneAset. Ini menjadikan aplikasi OneAset sebagai platform terkemuka untuk perdagangan emas digital," tuturnya.

Baca juga: LPS: Literasi Keuangan Kurang Bagus, Banyak Rakyat Tertipu Investasi Bodong

Selain emas, OneAset juga menawarkan produk asuransi, dengan menghadirkan produk dari asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, hingga asuransi unit link. Pembeli juga bisa langsung berkomunikasi dan bertanya seputar pendaftaran asuransi online, penjaminan yang cerdas, pertanyaan polis dan edukasi asuransi yang bertujuan untuk menghadirkan penambahan nilai aset, perlindungan asuransi, dan pelayanan kesehatan.

"Lebih dari 150.000 polis asuransi telah terjual dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan, memberikan perlindungan pribadi kepada pengguna lebih dari Rp 560 miliar," kata Anderson.

Labeih lanjut Anderson mengungkapkan, aplikasi OneAset sendiri berada di bawah naungan PT Pintar Platform Digital. Aplikasi ini telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dengan Tanda Daftar PSE (TDPSE) Nomor 001733.02/DJAI.PSE/01/2022.

"OneAset juga telah memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (SIUPMSE) Nomor 02250101411930001 oleh Kementerian Perdagangan," ucap Anderson.

Baca juga: Literasi Keuangan Digital Masyarakat Masih Terbatas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.