Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-77 RI, Menkominfo Sebut Digitalisasi Kunci Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 17/08/2022, 19:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, percepatan transformasi digital yang berlangsung selama pandemi Covid-19 menjadi salah satu penopang pemulihan perekonomian nasional.

Hal itu dia sampaikan saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022).

“Digitalisasi UMKM sebagai penyokong ekonomi bangsa menjadi salah satu kunci dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,44 persen (yoy) di kuartal dua tahun ini,” kata Menkominfo.

Baca juga: Menhub: Gunakan Tema Besar HUT Ke-77 RI agar Sektor Transportasi Pulih Lebih Cepat

Menurut Johnny, ketika pandemi mulai menghantam dunia pada 2020, sektor informatika dan komunikasi di Indonesia tumbuh positif mencapai 10,61 persen (c-to-c).

“Demikian tahun 2021, sektor ini kembali bertumbuh sebesar 6,81 persen (c-to-c). Pertumbuhan ini diraih karena adanya shifting ke adopsi teknologi secara masif yang menopang sebagian besar kehidupan masyarakat ketika pandemi Covid-19, termasuk di dalamnya sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tuturnya. 

Johnny menerangkan, pertumbuhan tersebut juga didukung keberadaan dua decacorn dan sembilan unicorn karya anak bangsa yang diproyeksikan akan terus bertambah seiring akselerasi transformasi digital nasional.

“Kehadiran atas transformasi digital dalam berbagai lini kehidupan, perlu kita syukuri sehingga bangsa Indonesia mampu menunjukkan resiliensinya dalam berbagai sektor,” kata dia.

Mengutip hasil studi John Hopkins University, Johnny menyebut, Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu negara dengan penanganan pandemi Covid-19 terbaik di dunia.

Baca juga: Saat Para Penumpang Pesawat Sikap Sempurna dan Hormat Bendera...

Bahkan, menjadi satu negara dengan jumlah vaksinasi terbesar di dunia yaitu mencapai 432 juta dosis hingga saat ini. 

“Kondisi ini menunjukkan resiliensi bangsa dalam sektor kesehatan yang menjadi kunci atas pemulihan bangsa pasca pandemi,” ungkap dia. 

Guna mendukung resiliensi bangsa di era kedaulatan digital, Menkominfo mengaku pemerintah terus membangun infrastruktur digital, masyarakat digital, serta pemerintahan digital guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

“Mari terus mengupayakan pengembangan SDM digital Indonesia yang unggul dan berdaya saing melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy," kata dia.

"Kita jangan lengah dan berpuas diri berkolaborasi menghadapi masa depan dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tandasnya.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Sandiaga Uno Ajak Pelaku Pariwisata Bangkit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com