Permudah Seleksi CV, Bangun Job Portal Sendiri Bersama Jobseeker Company

Kompas.com - 18/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Menyeleksi curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup calon pelamar kerja merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi human resource (HR).

Sebagai divisi yang mengurus segala sesuatu tentang perekrutan, HR dituntut untuk selalu cekatan dalam proses menyeleksi CV maupun rekrutmen. Hal ini juga mengharuskan mereka untuk lebih melek teknologi.

Dengan teknologi mumpuni, segala tugas utama HR pun akan lebih mudah dan selesai dengan tepat.

Ingin tahu apa saja teknologi tersebut? Mengutip dari artikel Jobseeker Company, berikut tiga teknologi yang bermanfaat untuk HR.

Baca juga: Atasi Tantangan Kelistrikan Rumah Tangga dengan Teknologi Terbarukan

1. Application tracking system (ATS)

Application tracking system (ATS) adalah sebuah software atau perangkat lunak yang biasa digunakan dalam proses rekrutmen calon tenaga kerja.

Sebagian besar orang yang bekerja sebagai HR diketahui sudah menerapkan ATS dalam proses rekrutmennya.

Tak hanya mudah dipelajari, penggunaannya ATS juga berfungsi untuk mempercepat dan membuat proses rekrutmen lebih efisien sehingga proses ini dapat menjadi lebih sistematis dan mudah diatur.

HR biasanya menggunakan ATS dari mulai tahap awal proses rekrutmen, yaitu mengirimkan iklan lowongan ke website resmi perusahaan atau situs lowongan kerja tertentu.

Selain itu, ATS juga dapat mengirimkan electronic mail (e-mail) atau pesan elektronik notifikasi kepada para pelamar secara otomatis. Dengan cara ini, HR tidak perlu repot-repot mengontak para pelamar satu per satu.

Baca juga: 3 Kesalahan dari CV Bill Gates yang Sebaiknya Tidak Ditiru Pelamar Kerja

2. Crowdsource recruitment

Crowdsourced recruitment adalah istilah umum untuk menggambarkan perusahaan yang melakukan sourcing atau sumber kandidat melalui komunitas.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.