Diminati Warga, Kota Probolinggo Terus Tambah Jaringan dan Layanan Gas Bumi

Kompas.com - 09/09/2022, 21:38 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sebanyak 4.153 sambungan gas bumi untuk rumah tangga sukses dibangun di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur hingga awal September 2022. Dengan demikian, di kota ini sudah terdapat 15.000 lebih sambungan gas bumi.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, di awal pembangunan pemasangan jaringan gas (jargas) ini banyak ditolak. Namun kini malah warga rebutan minta diprioritaskan pemasangannya.

Oleh sebab itu, pihaknya kemudian meminta kepada Kementerian ESDM untuk kembali menambah 15.000 sambungan jargas.

"Kami berharap jika dari APBN ini sudah habis kuotanya, mungkin bisa dikembangkan jadi Jargas Mandiri sehingga masyarakat Probolinggo bisa menikmati semua," kata Hadi dalam peresmian Jargas untuk rumah tangga tahun anggaran APBN 2022 di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, melalui keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Memosisikan Gas Bumi Sebagai Jembatan Transisi Energi, Apa Saja Pekerjaan Rumah yang Harus Dihadapi?

Menanggapi hal itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESDM, Laode Sulaeman, menyebutkan total pembangunan Jargas rumah tangga APBN tahun 2022 sebanyak 40.777 jargas. Tujuannya, agar bisa membantu ekonomi masyarakat yang lebih ramah lingkungan.

"Hingga akhir 2021 pemerintah sudah dibangun 662 ribu lebih Jargas rumah tangga di Indonesia. Dengan adanya pipa jargas untuk rumah tangga akan membuat ekonomi rumah tangga lebih baik lagi," ujar Laode, yang juga hadir dalam peresmian tersebut.

Perwakilan Komite BPH Migas Wahyudi Anas menyebutkan, pembangunan jargas rumah tangga harus dimaksimalkan. Sebab beban subsidi Elpiji sudah membebani keuangan negara.

"BPH migas telah menetapkan harga jual gas untuk Probolinggo dengan harga Rumah Tangga kelompok 1, Rp 4.250 per kubik gas. Jika dikonversi ke elpiji belinya 5.100 per kubiknya. Artinya Jargas ini bisa lebih murah," tambah Wahyudi Anas.

Baca juga: Kementerian ESDM: Forum G20 di Bali Jadi Pondasi Percepatan Transisi Energi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.