Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Beberkan Perkembangan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Jadi Uji Coba Tahun Ini

Kompas.com - 14/09/2022, 12:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk membeberkan perkembangan terkait rencana penerapan pembayaran gerbang tol tanpa sentuh menggunakan sistem multi lane free flow (MLFF).

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan bersama dengan pihak-pihak terkait, termasuk Roatex selaku penyelenggara sistem MLFF.

Ia mengakui, saat ini terdapat dua isu utama yang dibahas terkait penerapan sistem MLFF, yakni mengenai potensi kerugian dan penegakan hukum sistem tersebut.

Baca juga: Akhir Tahun, Sistem MLFF Akan Diujicobakan di 5 Ruas Tol Ini

"Ini yang memerlukan pembahasan lebih lanjut dengan pihak terkait," ujar dia, dalam gelaran Public Expose Live 2022, Rabu (14/9/2022).

Seiring dengan masih berlangsungnya pembahasan, Reza menyebutkan, sistem MLFF akan mulai diujicoba pelaksanaannya pada penghujung tahun ini.

"Direncanakan pada akhir tahun kita akan melakukan uji coba, terkait dengan penerapan MLFF ini dengan pihak ketiga, yaitu pihak Roatex," katanya.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, dalam implementasi sistem MLFF di gerbang tol yang dikelola, Jasa Marga tidak menganggarkan biaya investasi.

Baca juga: MLFF Bakal Gantikan E-Toll, Bank DKI: Kami Siap

Pasalnya, penerapan sistem yang memungkinkan waktu pembayaran di gerbang tol menjadi 0 detik itu dilakukan oleh Roatex selaku penyelenggara, sehingga biaya investasi juga dikucurkan oleh perusahaan tersebut.

Akan tetapi, nantinya Jasa Marga selaku badan usaha jalan tol (BUJT) akan membayarkan biaya jasa sistem MLFF kepada Roatex selaku penyelenggara.

"Yang sampai saat ini terkait dengan besaran maupun perhitungan masih belum kita peroleh dari pihak Roatex," ucap Reza.

Baca juga: 7 Fakta soal Sistem Pembayaran Tol MLFF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com