KILAS

Atasi Masalah Sampah, Elnusa Petrofin Gulirkan CSR Budi Daya Maggot di Siantan Hulu Pontianak

Kompas.com - 20/09/2022, 17:13 WIB

KOMPAS.com PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) terus berupaya mewujudkan pilar Petrofin Pintar yang memiliki fokus pada pendidikan melalui pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat.

Paling baru, Elnusa Petrofin menggulirkan program corporate social responsibility (CSR) Budi Daya Maggot Black Soldier Fly (BSF) untuk mendukung upaya penanganan dan pengelolaan sampah organik di Siantan Hulu Pontianak.

Head of Corporate Communication and BoD Support Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan, pemilihan program CSR Budi Daya Maggot BSF merupakan upaya Elnusa Petrofin dalam mendukung kebersihan di wilayah sekitar operasional.

“Program CSR Budi Daya Maggot BSF juga dapat menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat Siantan Hulu,” ujarnya yang bertanggung jawab atas kegiatan CSR dan Sustainability Elnusa Petrofin dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Dorong Inovasi Armada Mobil Tangki, Elnusa Petrofin Gelar Diskusi bersama Hino Motors Sales

Selain itu, kata Putiarsa, CSR Budi Daya Maggot menjadi bentuk dukungan Elnusa Petrofin kepada PT Pertamina Patra Niaga yang telah memulai kegiatan CSR terintegrasi melalui program Katana Pangeran (Kampung Tanggap Bencana, Penggerak Kesadaran Lingkungan) 27 di wilayah tersebut.

Kegiatan tersebut digelar pada Senin (19/9/2022) di Siantan Hulu yang merupakan wilayah ring 1 kantor operasional Elnusa Petrofin unit Integrated Terminal Pontianak.

Pelaksanaan program CSR Budi Daya Maggot BSF atau lalat hitam merupakan salah upaya dalam menjawab kebutuhan warga.

Setiap bulan, warga Siantan Hulu menghasilkan sampah organik dan belum memiliki penanganan khusus.

Budi daya maggot pun menjadi upaya alternatif untuk menjawab isu penanganan sampah secara cepat dan sebagai pendorong peningkatan ekonomi warga melalui hasil pengelolaan maggot yang dapat dijual.

Baca juga: Lewat Petrofin Peduli CSR Awards, Kualitas CSR Elnusa Petrofin Diharapkan Meningkat

Maggot adalah salah satu serangga yang dalam perkembangannya membutuhkan sampah untuk berkembang. Serangga ini mampu mengurangi sampah organik sebanyak 800 kg per bulan di Siahan Hulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.