Raksasa Migas Italia Gantikan Chevron yang Hengkang dari Proyek Indonesia Deepwater Development

Kompas.com - 21/09/2022, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - ENI dikabarkan bakal menggantikan Chevron untuk mengelola proyek Indonesia Deepwater Development (IDD). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, untuk resmi pengelolaannya akan diumumkan dalam waktu dekat.

ENI merupakan perusahaan multinasional dari Italia yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (migas) dan memiliki anak usaha di Indonesia, yakni ENI Indonesia.

"Sudah, itu ENI (yang menggantikan Chevron kelola IDD), sudah fix. Tapi tinggal nunggu pengumuman resmi," kata dia ditemui di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Luhut Minta Chevron Percepat Implementasi Bisnis Emisi Rendah Karbon di IKN

Terkait kesepakatan kontrak ENI untuk mengelola proyek IDD tersebut, Arifin Tasrif menyebutkan tengah difinalisasikan. Dia memastikan, ENI akan mengelola IDD tahun ini juga.

"(Soal teken kontrak) lagi final, jadi enggak usah di-mention. Tapi insya Allah terkait tahun ini sudah settle," ucap dia.

"Kemudian fasilitasnya juga sudah bisa dipakai supaya investasinya bisa lebih efisien," tambah Arifin Tasrif.

Dikutip dari laman resmi Chevron, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini memutuskan hengkang dari proyek IDD yang salah satunya berada di Kutai Basin, Kalimantan Timur.

"Chevron memutuskan bahwa proyek Indonesia Deepwater Development yang terdiri dari beberapa KKS di Kutai Basin tidak dapat bersaing dalam portofolio global perusahaan dan saat ini sedang mengevaluasi alternatif strategis untuk kepemilikan dan pengoperasian 62 persen sahamnya," tulis manajemen.

Baca juga: Sambangi Markas Chevron di AS, Jonan Bahas Proyek Deepwater

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.