LPS: Baru 49 Persen Penduduk Dewasa Indonesia yang Punya Rekening Bank

Kompas.com - 27/09/2022, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat baru 49 persen penduduk dewasa Indonesia yang memiliki rekening bank. Artinya, jumlah masyarakat yang menabung di bank masih relatif kecil.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, hal ini dikarenakan, sebagian masyarakat masih memilih untuk menaruh uangnya di rumah.

Selain itu, kemungkinan sebagian dari masyarakat belum atau tidak tahu bahwa simpanan atau tabungan masyarakat sampai dengan Rp 2 miliar per rekening per bank dijamin oleh LPS.

Baca juga: Presiden Angkat Dian Ediana Rae sebagai ADK LPS Ex-Officio OJK

Pasalnya, tingkat akses masyarakat ke perbankan atau jasa keuangan sebesar 76,19 persen namun tingkat literasinya masih di level 38,03 persen.

"Jadi kita harus mengedukasi habis-habisan, supaya masyarakat yakin dan percaya untuk menyimpan dananya di bank," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (26/9/2022).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa alasan yang membuat masyarakat tidak menyimpan uang mereka di bank, antara lain masih ada sebagian masyarakat yang khawatir uangnya hilang karena bank tersebut ditutup.

Lalu masyarakat yang tinggal di pelosok, masih perlu bantuan pihak lain untuk mengakomodir mereka, atau dari pihak perbankannya sendiri, terutama yang kecil, yang belum cukup mendekati masyarakat tersebut.

Terkait kekhawatiran masyarakat tentang nasib dana simpanannya, jika bank tempat masyarakat menyimpan uangnya itu ditutup, Purbaya kembali memastikan, bahwa LPS akan menjamin dana nasabah tersebut.

“Jika misalnya ada bank jatuh karena berbagai sebab, pelayanan kami akan lebih cepat, sekarang misalnya rata-rata pengembalian atau pembayaran dana nasabah itu memakan waktu sekitar 50 hari, namun sekarang dengan sistem yang baru kami akan memperpendek hingga 7 hari sesuai dengan standar internasional, upaya itu tidak mudah namun kami akan terus berupaya sebaik mungkin,” jelasnya.

Purbaya melanjutkan, salah satu institusi perbankan yang dijamin oleh LPS adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Adapuh di Indonesia saat ini terdapat sekitar 1.600 BPR yang dijamin dan dimonitor oleh LPS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.